Find Us On Social Media :

Bermarkas di Purworejo, Pasukan Berlambang Kalajengking Hitam Kostrad yang Dikirim untuk Jaga Papua Punya Kemampuan Luar Biasa, Latihan Puncaknya Sampai Buat Sang Bupati Keluarkan Pujian Setinggi Langit

Pasukan berlambang kalajengking hitam dari Kostrad

Gridhot.ID - Akhir-akhir ini pasukan Yonif Mekanis Raider 412 dari Kostrad menjadi sorotan.

Dikutip Gridhot dari Warta Kota sebelumnya, Pasukan berlambang kalajengking hitam tersebut dilaporkan bakal dikirim ke Papua.

Meski menjalankan misi sebagai Satgas Pamtas Mobile, tapi tak menutup kemungkinan mereka juga akan berhadapan dengan KKB Papua yang semakin berani berulah.

Dikutip Gridhot dari Surya, Batalyon Infanteri Mekanis 412/Bharata Eka Shakti sebelumnya dikenal juga sebagai Yonif 412/Raider atau Yonif 412/Bharata Eka Shakti.

Yonif Mekanis Raider 412 adalah salah satu Batalyon Infanteri di jajaran Brigade Infanteri Mekanis 6/Trisakti Baladaya, Divisi Infanteri 2/Kostrad.

Pasukan ini bermarkas di Purworejo, Jawa Tengah.

Dari awal dibentuknya sampai dengan sekarang banyak mengalami proses perubahan.

 Baca Juga: Tak Ingin Ambil Resiko, Atta Halilintar Sediakan Tempat Khusus Paling Aman untuk Kakek dan Neneknya Saat Acara Syukuran, Ada Apa?

Saat ini yonif mekanis 412 dilengkapi kendaraan lapis baja M113.

Cikal bakal terbentuknya Yonif 412/Raider Kostrad bermula dari Batalyon Roi 1 "451" Yonif 13 yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Panglima Tertinggi – VII/Dip nomor KPTS/58/7/1959 tanggal 15 Juli 1959.

Lalu diresmikan pada tanggal 1 Agustus 1959 oleh Pangdam VII/Diponegoro Kolonel Inf Soeharto bertempat di alun-alun Purworejo.

Dengan adanya restrukturisasi batalyon se-Kodam VII/Diponegoro berdasarkan Surat Keputusan Pangdam VII/Diponegoro nomor Kep/38/8/1965 tanggal 1 Agustus 1965, maka Yonif 451 dilebur menjadi Yon "L" dengan tunggul berintikan gambar Scorpio atau Kalajengking dengan nama "Bharata Eka Shakti" yang berarti ksatria yang kokoh dan mempunyai kekuatan luar biasa.