Find Us On Social Media :

Dulu Jadi Impian Besar Tien Soeharto, TMII Kini Telah Diambil Alih Presiden Jokowi Setelah 44 Tahun Dikuasai Keluarga Cendana

Kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Gridhot.ID - Taman Mini Indonesia Indah memang menjadi salah satu tempat wisata yang penting di Indonesia.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com sebelumnya, TMII merupakan impian dan gagasan luar biasa dari Tien Soeharto, istri Presiden Soeharto.

Kala itu Tien Soeharto menginginkan sebuah tempat yang bisa merangkum seluruh kebudayaan bangsa Indonesia.

Setelah sekian lama TMII dikelola oleh pihak keluarga Cendana sendiri kini tempat tersebut sudah resmi diambil alih Jokowi.

Dikutip Gridhot dari Warta Kota, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Intinya, menetapkan penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg, sekaligus menandai berakhirnya penguasaan dan pengelolaan TMII oleh Yayasan Harapan Kita.

"Menurut Keppres nomor 51 tahun 1977, TMII itu milik negara Republik indonesia."

"Tercatat di Kementerian Sekretariat Negara yang pengelolaannya ada diberikan kepada Yayasan Harapan Kita."

Baca Juga: Mojok di Tembok Saat Ketemu Nagita Slavina, Ayu Ting Ting Terekam Kamera Celingak-celinguk Ingin Cepat Pulang dari Nikahan Atta, Netizen: Keliatan Banget Nggak Tenangnya!

"Jadi Yayasan Harapan Kita ini sudah hampir 44 tahun mengelola milik negara ini, yang tercatat di Kementerian Sekretariat Negara," kata Mensesneg Pratikno dalam konferensi pers di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Yayasan Harapan Kita merupakan yayasan yang dicetuskan oleh istri Presiden kedua RI, Tien Soeharto.

Hingga saat ini kelurga Cendana duduk di kursi kepengurusan Yayasan Tersebut.