Find Us On Social Media :

Diambil Alih Jokowi dari Genggaman Keluarga Cendana, TMII disebut Selalu Rugi Sampai Rp 50 Miliar Tiap Tahun, Moeldoko: Kasihan Yayasan Harapan Kita...

keong mas Taman Mini Indonesia Indah

Gridhot.ID - Di tahun 2021 ini presiden Jokowi kembali melakukan keputusan luar biasa.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, Presiden Jokowi baru saja mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia dari keluarga Cendana lewat Yayasan Harapan Kita.

Pihak Istana langsung mengungkapkan keputusan pengambil alihan tempat wisata tersebut.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkap alasan pemerintah mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita.

Baca Juga: Tenggorokannya Gatal hingga Ada Ruam Merah di Wajahnya, Maia Estianty Kabarkan Terkena Covid-19 Kedua Kalinya Gara-gara Lakukan Ini, Istri Irwan Mussry: Jangan Disepelekan!

Ia menyebutkan, salah satu yang jadi pertimbangan yakni kerugian yang dialami TMII setiap tahun yang nilainya mencapai Rp 40 miliar-Rp 50 miliar.

"Ada kerugian antara Rp 40-50 miliar per tahun. Itu jadi pertimbangan," kata Moeldoko dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Kompas TV, Jumat (9/4/2021).

Atas kerugian itu, kata Moeldoko, TMII tidak dapat berkontribusi pada keuangan negara.

Malahan, setiap tahun Yayasan Harapan Kita harus menutup kerugian dengan melakukan subsidi hingga Rp 40 miliar-Rp 50 miliar.

Baca Juga: Jadi Satu-satunya Muslim di Keluarga, Reza Rahadian Tetap Rukun Meski Beda Agama dengan Ibu dan Adiknya, Ini Alasan Sang Aktor Putuskan Mualaf

"Kasihan Yayasan Harapan Kita nombokin terus dari waktu ke waktu," ujarnya.

Menurut Moeldoko, sejak tahun 2016, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) telah melakukan pendampingan dan melihat lebih dalam tata kelola TMII.