Find Us On Social Media :

Sebut Penanganan Bencana di Ibu Kota Sekarang Menyedihkan, Megawati: Waktu Saya Presiden, Saya Sudah Pikit Bagaimana Kalau Terjadi Gempa di Jakarta!

Megawati dan Presiden Jokowi

Gridhot.ID - Sosok Megawati Soekarnoputri pastinya dikenal seluruh rakyat Indonesia.

Dikutip Gridhot dari laman wikipedianya, Megawati merupakan presiden ke-5 Republik Indonesia dan juga putri dari Soekarno yang merupakan presiden pertama Indonesia.

Megawati juga dikenal sebagai presiden wanita pertama di Indonesia.

Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri kembali meminta agar semua pihak memberi perhatian dan mulai bergerak mengenai kemungkinan terjadi gempa besar yang menimpa ibu kota DKI Jakarta.

Menurut Megawati, sejauh ini penanganannya masih menyedihkan.

Dikutip Gridhot dari Serambinews, padahal, Pemda seharusnya bisa bergera cepat dan berkoordinasi berbasis data prediksi yang dibuat oleh Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Baca Juga: Dulu Ditolak Masuk Indonesia Meski Cuma Numpang Isi Bahan Bakar, Poseidon P-8 Milik AS Ini Kini Jadi Salah Satu Malaikat Pencari KRI Nanggala 402, Ini Kehebatannya

Hal itu disampaikan Megawati dalam acara Focus Group Discussion virtual bertajuk 'Peningkatan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana', Jumat (23/4/2021).

"Waktu saya presiden, saya sudah pikir bagaimana kalau terjadi gempa di Jakarta," kata Megawati.

Saat itu, Megawati mengingat dirinya meminta tolong kepada Mendagri saat itu, Hari Sabarno, untuk menyiapkan batalion pemadam kebakaran (Damkar), yang lengkap beserta peralatannya.

"Sekarang Pak Tito (Mendagri, red), silahkan. Kenapa? Karena pengalaman. Itu harus ada mobilnya. Saya tak terbayang ketika Gedung BI terbakar, kayak apa orang diturunkan (dari gedung, red). Ini soal bagaimana menangani bencana," kata Megawati.

"Saya katakan, Jakarta ini sangat fragile (rapuh, red). Kenapa? Karena di Selat Sunda, ada Gunung Krakatau dan anaknya Rakata. Ring of fire itu atas bawah. Menurut cerita orang yang tahu, anaknya Rakata ini, kekuatannya lebih kuat dari ibunya (Krakatau, red)," imbuhnya.