Find Us On Social Media :

Ringankan Hukuman Rizieq Shihab Cs, Hakim Suparman Nyompa Bukan Orang Sembarangan, Pendiri Pondok Pesantren Gratis di Sulawesi Selatan

Majelis Hakim PN Jakarta Timur menghukum Rizieq Shihab Cs dengan pidana penjara selama 8 bulan dalam kasus kerumunan di Petamburan

Gridhot.ID - Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan vonis 8 bulan penjara kepada terdakwa Rizieq Shihab dalam perkara kerumunan Petamburan, Jakarta Pusat.

Hukuman tersebut dikurangi dengan masa tahanan yang telah dijalani mantan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu. 

Majelis hakim juga menjatuhi vonis yang sama terhadap Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Alhabsy dan Maman Suryadi.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yaitu 2 tahun penjara untuk Rizieq dan 1,5 tahun tokoh FPI lainnya.

Baca Juga: Di Tengah Persidangan, Rizieq Shihab Sebut Pangdam Jaya Tak Punya Nyali Gara-gara Turunkan Baliho Bergambar Dirinya: Menantang Perang FPI...

Pembacaan vonis dipimpin langsung oleh hakim ketua Suparman Nyompa dalam persidangan yang digelar di PN Jakarta Timur, Kamis (27/5/2021).

"Menyatakan Moh. Rizieq Shihab dan terdakwa Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi telah terbukti secara sah dan meyakinkan langgar tindak pidana kekarantinaan kesehataan. Menyatakan pidana penjara masing-masing 8 bulan," kata Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa dalam persidangan disiarkan secara daring.

Rizieq dinyatakan terbukti melanggar aturan tentang kekarantinaan kesehatan yang diatur dalam Pasal 93 UU Kekarantinaan Kesehatan.