Find Us On Social Media :

Pantas Indonesia Sampai Dapat Tekanan, Su-35 Kiriman Rusia untuk Tanah Air Ternyata Salah Satu Jet Tempur Non-Siluman Terbaik di Dunia, Kemampuan Ini Bikin Amerika Serikat Bergidik Ngeri

Su-35

Gridhot.ID - Indonesia kini memang sedang mendapat tekanan dari negara lain.

Pasalnya dikutip Gridhot dari Kontan, Indonesia diketahui siap meminang 11 jet tempur Su-35 dari Rusia.

Amerika Serikat disebut sampai menekan Indonesia untuk membatalkan pembelian tersebut dan menawarkan F-35 sebagai gantinya.

Lalu apa kehebatan Su-35 sampai Indonesia mengalami tekanan padahal baru awal perjanjian pembelian?

Baca Juga: Curhat ke Sosok Ini, Aurel Hermanyah Mengaku Takut Atta Halilintar Selingkuh dengan Wanita Lain, Putri Anang: Ada yang Chatting...

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, sejak diperkenalkan 2010 lalu, jet tempur Sukhoi Su-35 tetap menjadi andalan bagi Angkatan Udara Rusia.

Kini, sekitar 115 unit Su-35 masih “berdinas” di sejumlah pamgkalan Angkatan Udara Rusia, sebagaimana dilansir The National Interest, Senin (30/11/2020).

Jet tempur superioritas udara ini juga masih menjadi salah satu jet tempur non-siluman terbaik dan menyaingi banyak jet tempur generasi keempat dari Barat.

Awal mula

Su-35 memiliki sejarah perkembangan yang panjang dan berliku sejak di tahun-tahun terakhir Uni Soviet.

Baca Juga: China Dilanda Banjir Hebat Sampai Tentara dan Polisi Khusus Diturunkan, Xi Jinping Angkat Bicara Sambil Singgung Ancaman Berikutnya yang Intai Nyawa Rakyatnya

Pada dekade 1980-an, industri pesawat Uni Soviet mulai meng-upgrade Sukhoi Su-27 menjadi pesawat yang lebih mutakhir dengan peningkatan avionik terbaru, mesin, dan peningkatan aerodinamis.