Find Us On Social Media :

Sebut Tiongkok Main Intimidasi Paksa Klaim Laut China Selatan, Kamala Harris Bongkar Tujuan Amerika Serikat Ikut Cari Kekuatan di Asia Tenggara

Kelompok tugas kapal induk Shandong China memulai latihan rutin di Laut China Selatan, Minggu (2/5/2021).

Gridhot.ID - China memang sudah sangat terkenal akan aksinya di Laut China Selatan.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com sebelumnya, beberapa tahun lalu China seringkali aktif menunjukkan kekuasaannya di wilayah tersebut.

Amerika Serikat tentu saja melihat aksi ini sebagai ancaman.

Baca Juga: Penyakit Bipolarnya Diomongin Orang Saat Dirinya Pilih Menjanda, Marshanda Bongkar Soal Perceraiannya dengan Ben Kasyafani, Ternyata Bukan Karena Hal Ini

Dikutip Gridhot dari Kontan, berkunjung ke Singapura pada hari Selasa (24/8), Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris menyebut China selalu memberi tekanan dan intimidasi di Laut China Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Harris juga berjanji untuk mewujudkan kawasan Indo Pasifik yang bebas dan terbuka sesuai dengan impian AS selama beberapa tahun terakhir.

"Kami tahu bahwa China selalu memaksa, mengintimidasi, dan mengklaim sebagian besar Laut China Selatan. Klaim yang melanggar hukum ini telah ditolak oleh keputusan pengadilan arbitrase 2016," ungkap Harris dalam pidatonya di Singapura, seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Rekaman Suara Bocor, Arya Saloka Diiming-imingi Kenaikan Honor Fantastis Demi Mau Perpanjang Episode Ikatan Cinta, Apa Jawaban Mas Al?