Find Us On Social Media :

Jadi Garda Depan untuk Jamin Keamanan Negara, Berikut Gaji Sekaligus Tunjangan Anggota TNI Angkatan Udara Berdasarkan Pangkatnya

Indonesia Tak Main-main, Demi Evakuasi WNI di Afghanistan, TNI AU Terjunkan Pasukan Elite-nya, Ini Kehebatan Satbravo-90 Paskhas!

Gridhot.ID - TNI Angkatan Udara (AU) merupakan salah satu kesatuan militer Indonesia yang punya peran penting dalam pertahanan negara ini.

Seperti dalam cabang TNI AD dan AL, dalam TNI AU juga ada kepangkatan yang terdiri dari Perwira, Bintara serta Tamtama.

Tanda kepangkatan di bawah mengikut dari pakaian dinas yang digunakan. Di antaranya adalah Pakaian Dinas Upacara (PDU), Pakaian Dinas Harian (PDH) dan Pakaian Dinas Lapangan (PDL).

Masing-masing pakaian dinas dan atributnya telah diatur dalam peraturan TNI.

Baca Juga: Innalillahi Wa Innaillaihi Rojiun, Wanita Borneo Cinta Terakhir Bung Karno Tutup Usia, Begini Perjalanan Hidupnya hingga Dinikahi Presiden Pertama RI

Dilansir dari Intisari-Online, tanda kepangkatan sendiri dalam beberapa hal terbagi dua, yaitu yang memegang komando (ada garis merah di pinggir atau tengah) dan staf biasa.

Pada tanda pangkat perwira menengah dan pertama ditambahkan lambang kesatuan atau kecabangan yang ada di TNI Angkatan Udara.

Tanda kepangkatan juga menjadi penentu gaji anggota TNI AU karena gaji ini sesuai dengan pangkat dan jabatan anggotanya.

TNI AU sendiri adalah matra angkatan bersenjata paling kecil dari sisi jumlah personil.

Tugasnya adalah menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia.

Baca Juga: 7 Jam Diperiksa Usai Namanya Terseret Kasus Penipuan CPNS Olivia Nathania, Mantu Nia Daniaty, Rafly N Tilaar Tegaskan Statusnya Masih Jadi Pegawai Kemenkumham