Gridhot.ID - Film Warkop DKI di era 90-an memang menjadi tontonan yang berhasil menyita perhatian masyarakat.
Trio Dono, Kasino, Indro dengan lawakannya berhasil membawa suasana di setiap judul film Warkop DKI pecah tawa.
Selain karena aktingnya, ternyata properti-properti yang dipakai di film Warkop DKI terbilang banyak yang unik.
Salah satunya adalah mobil unik berkelir merah di film Maju Kena Mundur Kena (1983) dari Warkop DKI.
Mobil unik warna merah ini dikendarai trio Warkop DKI Dono, Kasino, dan Indro di bagian awal film Maju Kena Mundur Kena ini.
Dalam film Maju Kena Mundur Kena ini ceritanya Dono, Kasino, dan Indro melakukan test drive mobil unik tersebut hingga akhirnya mogok di tengah jalan.
Dilansir dari Gridoto.com, mobil unik di film Maju Kena Mundur Kena karya Warkop DKI ini namanya adalah Meyers Manx.
Mobil unik buatan Meyers Manx ini disebut sebagai dune buggy atau beach buggy karena ia dirancang sebagai kendaraan rekreasi (recreational vehicle) buat dipakai di pantai, bukit pasir, dan gurun pasir.
Meyers Manx ini dibuat oleh Bruce Meyers (12 Maret 1926-19 Februari 2020) di garasi rumahnya di California, Amerika Serikat pada 1964.
Total ada 12 unit dune buggy yang dibuat Bruce Meyers di garasinya pada periode 1964-1965 dengan banderol US$995 sebuah.
Dune buggy pertamanya diberi nama "Old Red" dibangun menggunakan mesin, suspensi, sasis Volkswagen Beetle yang dimodifikasi (dipotong atau diperpendek), dan bodi fiberglass custom.
Kombinasi sasis pendek, mesin kencang, dan bodi ringan membuat Meyer Manx dune buggy lincah bermanuver.
Performa ini dan tampilan unik membuat dune buggy kreasi Meyers Manx ini laris diburu konsumen.
Menurut data dari Meyers Manx, mereka membuat hampir 7.000 kit selama periode 1965-1971.
Popularitas Meyers Manx ini juga yang membuat Bruce Meyers sering disebut penemu dune buggy.
Padahal sebelum Meyers Manx lahir, banyak kendaraan serupa yang dibuat orang.
Contohnya EMPI, dealer VW dan speed shop, menawarkan paket dune buggy kit seharga US$500 yang diberi nama Sportster.
Demam dune buggy di Amerika Serikat meredup pada dekade 1970-an.
Gara-gara tekanan sejumlah produsen mobil di negara tersebut dan regulasi kendaraan bermotor di AS yang melarang potong sasis, mesin terbuka, dan wajib pakai fender tertutup.
Bruce Meyers pun mesti keluar dari bisnis dune buggy akibat kalah di kasus pelanggaran paten dan pajak.(*)