Gridhot.ID - Kini banyak artis yang sudah mulai bermain di sosial media.
Dikutip Gridhot dari Tribunstyle, bahkan banyak artis yang berfokus ke konten-konten di Instagram atau Youtube untuk mencari nafkah.
Di era digital seperti sekarang ini, endorsement terbukti jitu sebagai strategi pemasaran brand atau produk tertentu.
Dari mulai online shop sampai produk dari perusahaan besar, kini memanfaatkan endorse sebagai salah satu cara pengembangan bisnisnya.
Dikutip Gridhot dari Grid.ID, Raffi Ahmad, Amanda Manopo, hingga Rachel Vennya, menjadi beberapa selebriti atau influencer yang menjadikan media sosialnya sebagai lumbung uang melalui endorse.
Dengan harga yang bisa disebut sangat fantatis, berapa tarif endorse artis di atas? Simak artikel ini sampai selesai.
Ayu Ting Ting
Belum lama ini, tarif endorse mantan kekasih Adit Jayusman diungkap oleh Syifa, adik perempuan Ayu Ting Ting.
Seperti dikutip dari Banjarmasin Pos, nilainya pun tak tanggung-tanggung, karena mencapai belasan juta rupiah.
Ini berawal dari adanya sebuah akun instagram yang mengatur endorse Ayu Ting Ting, @sacmanage menyebarkan promosi edisi ramadhan tarif endorse pelantun Sambalado itu.
Baca Juga: Bank Soal CPNS 2021, Inilah Kisi-kisi Materi SKB dan Ketentuan Peserta yang Lulus Seleksi
"Promo Ramadhan, paid Endorse Feed IG Ayu Ting Ting. Harga mulai dari hanya.. Foto Rp 11 juta, video 15,5 juta," demikian keterangan yang tertera di akun tersebut.
Raffi Ahmad
Diberitakan Grid.ID sebelumnya, tarif endorse Raffi terbongkar saat dirinya diundang menjadi bintang tamu dalam YouTube Diaz Hendropriyono.
Diaz membeberkan hitung-hitungan tarif endorse di akun Raffi dan Gigi yang memiliki followers instagram 56.3 juta saat ini.
"Lihat tuh Instagram video Rp 60 juta. Instagram live Rp 100 juta, buset," kata Diaz.
Saat memasuki tahun 2021, tarif endorse untuk Raffi dan Gigi sudah naik dan lebih dari apa yang diungkapkan.
Kendati begitu, Raffi mengaku, seringkali ia memberikan bantuan kepada teman yang baru saja merintis usahnya dengan cuma-cuma alias gratis.
Rachel Vennya
Selebgram yang tengah jadi sorotan karena kabur dari karantina, Rachel Vennya masih menjadi pusat perhatian.
Rate card atau tarif endorse yang diduga milij Rachel Vennya dengan 6,7 juta pengikut di Instagram, viral di media sosial.
Di Twitter di perbincangkan, tarif endors di media sosial Rachel Vennya mencapai Rp 150 juta per konten.
Dikutip Kompas.com dari postingan yang beredar di Twitter, berikut tarif endorsmen Rachel Vennya:
IG photo (feed) Rp 45 juta/konten,IG multiple (tambahan) Rp 10 juta/konten,IG video (feed) Rp 80 juta/konten, IGTV Rp 100 juta/kontenIG Live Rp 65 juta/jam,IG story Rp 12 juta/story dan tambahan Rp 7,5 juta/story,IG reels Rp 80 juta/kontenTikTok Rp 60 juta/konten,Youtube Rp 150 juta.
Amanda Manopo
Diberitakan Grid.ID sebelumnya, artis yang sedang naik daun karena membintangi sinetron Ikatan Cinta ini memilki harga per satu kalo posting PP Insta story Rp500 ribu.
Untuk harga sekali PP Feeds Rp750 ribu. Untuk harga sekali endorse Feed Rp1,2 juta.
Dan untuk harga per satu kali posting endorse Insta story Rp1,8 juta.
Jika dibandingkan dengan artis lainnya, bandrol tarif endorse mantan kekasih Billy Syahputra itu tentu tidak terlalu fantastis.
Namun dengan bersinarnya Amanda Manopo di sinetron Ikatan cinta, bisa saja tarif endorse-nya makin melejit.
Syahrini
Dikutip dari Banjarmasin Pos, Penyanyi Syahrini disebut sebagai artis sekaligus selebgram dengan bayaran termahal.
Harga bayarannya, sekitar Rp100 juta unggahan dalam satu harinya.
Pelantun lagu Restu ini pun memiliki media sosial tak hanya Instagram, melainkan juga YouTube.
Sedangkan untuk menjadi brand ambassador, tarifnya sekitar ratusan juta rupiah.
Nikita Mirzani
Artis yang terkenal dengan kontroversinya ini kerap kali menerima berbagai endorse.
Mulai dari produk perawatan tubuh hingga produk lainnya.
Promosi yang dipublikasikan Nikita Mirzani di Instagram story dibayar minimal Rp4 juta.
Berbeda jika promosi dilakukan di feed Instagramnya, yakni mencapai puluhan juta rupiah.
(*)