Find Us On Social Media :

2.148 Kejadian Bencana Landa Indonesia Sepanjang 2021, Menko PMK Muhadjir Effendy Minta Pemerintah dan Masyarakat Waspada: Kita Bantu Misi BMKG

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

Gridhot.ID - Indonesia dikenal sebagai wilayah yang rawan akan bencana alam.

Pasalnya dilansir Gridhot.ID dari BMKG.go.id sebelumnya, Indonesia termasuk dalam wilayah yang dikelilingi Ring of Fire.

Hal tersebut menjadi salah satu faktor alam mengapa Indonesia kerap di landa bencana.

Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, ada 2.148 kejadian bencana sepanjang tahun 2021.

Baca Juga: Sarah Menzel Siap Jadi Mualaf, Raul Lemos Miliki Kesan Ini Terhadap Kekasih Azriel, KD Bongkar Cerita di Balik Momen Dinner dengan Keluarga Anang

Muhadjir berujar, 98 persen dari bencana tersebut merupakan bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor.

Oleh karena itu, Muhadjir menekankan, penanggulangan bencana hidrometeorologi harus menjadi fokus perhatian bersama, khususnya pada tahap kesiapsiagaan bencana.

"Khususnya pada tahap pra-bencana ini, upaya antisipasi dan kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi harus kita dorong dan menjadi fokus perhatian kita bersama," kata Muhadjir dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (30/10/2021).

Baca Juga: Bank Soal CPNS, Ini Materi SKB CPNS 2021 Lengkap dengan Jadwal Pelaksanaan Ujian, Simak Ketentuan Tes di Instansi Pusat dan Daerah