Find Us On Social Media :

Tak Hanya Nilai SKD dan SKB, Simak Aturan Penentuan Kelulusan Akhir CPNS 2021, IPK dan Usia Pelamar Bisa Berpengaruh

Pelaksanaan seleksi CPNS 2021

Gridhot.ID - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2021 telah dimulai sejak 15 November 2021 lalu.

Pelaksanaan SKB ini menggunakan metode CAT BKN dan pelaksanaan ujiannya yang berlokasi di seluruh kantor BKN terlebih dahulu.

"Pelaksanaan tahap I SKB akan diikuti oleh 162 instansi yang didominasi dari instansi daerah yang memang diwajibkan melaksanakan SKB dengan CAT BKN sesuai Peraturan Menteri PANRB 27/2021," ujar Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN Satya Pratama dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (14/11/2021).

Baca Juga: Bank Soal CPNS 2021, Berikut 30 Latihan Soal SKB Formasi Perawat Lengkap dengan Kunci Jawaban, Pelajari dari Sekarang!

Sedangkan, jadwal pelaksanaan SKB CPNS tahap II diumumkan pada Senin (22/11/2021).

Pihak BKN mengatakan jadwal pelaksanaan SKB bisa dilihat di laman kementerian atau lembaga masing-masing.

"Betul (diumumkan di tiap kementerian/lembaga)," kata Satya ketika dikonfirmasi, Senin (22/11/2021).

SKB ditujukan untuk mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

Nilai tes SKB nantinya akan diolah dan diintegrasikan dengan nilai SKD, sebelum nantinya peserta dinyatakan lolos dan menjalani pengangkatan CPNS.

Baca Juga: Bank Soal CPNS 2021, Ini Bocoran Materi dan Latihan Soal SKB, Ujian Tahap I Akan Dilaksanakan Mulai 15 November