Find Us On Social Media :

Pasca Erupsi Besar Semeru, Status Vulkanik Gunung Merapi Jadi Siaga, Muntahkan 11 Kali Lava Pijar dalam Waktu Enam Jam

Gunung Merapi

Gridhot.ID - Pasca letusan Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021), dikabarkan beberapa Gunung Api di Indonesia ikut bergejolak.

Salah satu Gunung Api yang intensitas vulkaniknya terus meningkat adalah Gunung Merapi.

Dilansir dari Kompas.com, hingga kini aktivitas vulkanik Gunung Merapi di perbatasan kabupaten Klaten, Boyolali, Magelang (Jawa Tengah) dan Kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Yogyakarta) terus dipantau.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) merilis update terkini mengenai situasi Gunung Merapi pada Rabu (8/12/2021).

Baca Juga: Garut Banjir Bandang, Warga yang Sembarangan Garap Kawasan Hutan Lindung Jadi Lahan Pertanian Terancam Dipolisikan

Dalam pengamatan pada pukul 00.00 WIB sampai 06.00 WIB, Rabu (8/12/2021), Gunung Merapi terlihat jelas.

Secara visual, asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 15-20 meter di atas puncak kawah.

Selain itu, teramati juga adanya guguran lava pijar 11 kali dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter ke arah barat daya.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Ambil Langkah, Ayah Vanessa Angel Bakal Sikat Siapa Saja yang Dahulu Sebut Dirinya Bukan Ayah Kandung dan Segala Fitnah Lainnya