Find Us On Social Media :

Keluarga Punya Riwayat Kolesterol? Ganti Kebiasaan Makan Agar Tak Bernasib Sama, 4 Jenis Ikan Ini Bisa Kurangi Kolesterol Tinggi

Ilustrasi - Makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi

Gridhot.ID - Risiko memiliki kolesterol tinggi bertambah jika ayah, ibu atau kakek dan nenek kita didiagnosis dengan kondisi tersebut.

Riwayat keluarga yang mengidap kolesterol tinggi adalah salah satu faktor yang tidak dapat diubah.

Namun setidaknya, kita bisa mengendalikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Jika keluarga memiliki riwayat kolesterol tinggi, mengutip Kompas.com, terapkan 6 pola makan ini supaya kita tidak bernasib sama.

1. Menjalani diet Mediterania

Pelaku diet Mediterania umumnya mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, minyak zaitun dan makanan lain yang disantap oleh mereka yang tinggal di tepi Laut Mediterania.

Berbagai studi menunjukkan, diet Mediterania dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.

Contohnya, peningkatan kolesterol LDL (juga dikenal sebagai kolesterol baik) pada individu dengan risiko penyakit kardiovaskular yang tinggi.

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan sekaligus membatasi gorengan, makanan dengan gula tambahan, dan makanan olahan adalah praktik yang bisa kita jalani jika anggota keluarga memiliki riwayat kolesterol tinggi.

Baca Juga: Kecil-kecil Kaya Nutrisi, Manfaat Ikan Teri Tak Bisa Disepelekan, Ternyata Baik untuk Penderita Kolesterol Tinggi

2. Memakan daging tanpa lemak

Senang melahap daging namun takut dengan kolesterol tinggi? Kita tidak harus menghentikan kebiasaan makan daging demi menjaga kadar kolesterol dalam kisaran yang ideal.