Find Us On Social Media :

Nyawa Bisa Jadi Taruhannya, 6 Makanan Ini Perlu Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi, Jangan Kebanyakan Dikonsumsi Lagi!

Ilustrasi - Kolesterol naik setelah banyak makan daging

Gridhot.ID - Ketika menjalankan ibadah puasa, sebagian besar orang cenderung mengonsumsi makanan berlebihan saat berbuka dan sahur.

Hal ini pada akhirnya berpotensi meningkatkan kadar kolesterol lantaran terlalu banyak konsumsi makanan seperti gorengan, daging berlemak hinga makanan bersantan.

Diketahui, kadar kolesterol tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit seperti jantung koroner dan stroke.

Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dengan cara mengontrol kadar kolesterol di tubuh. Salah satu caranya adalah dengan menjalani pola makan sehat.

Namun perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tidak semua kolesterol pada tubuh berdampak negatif.

Sebab kolesterol dalam tubuh terbagi menjadi dua, yakni kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein atau HDL.

LDL merupakan kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit atau lebih dikenal sebagai kolesterol jahat. Sedangkan kolesterol HDL disebut juga sebagai kolesterol baik.

HDL dapat membantu menghilangkan kolesterol tubuh melalui hati. Kadar kolesterol HDL yang tinggi justru dapat mengurangi risiko masalah jantung dan stroke.

Sebaliknya, kadar kolesterol LDL yang tidak terkontrol dapat menyebabkan plak lemak yang menumpuk di arteri seluruh tubuh.

Baca Juga: Mengancam Nyawa, 4 Penyakit Ini Mengintai Penderita Kolesterol Tinggi, Ada Tiga Jenis Buah yang Ampuh Jadi Obat Alami

Makanan yang perlu dihindari penderita kolesterol tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menjalani pola makan sehat merupakan salah satu upaya untuk mengontrol kadar kolesterol.