Find Us On Social Media :

Sebut BBM di Indonesia Jadi Salah Satu yang Paling Murah di Dunia, Dirut Pertamina Singgung Jasa Pemerintah yang Terus Kucurkan Subsidi Sampai Sekarang

Ilustrasi SPBU Pertamina

Gridhot.ID - Naiknya harga Pertamax memang sempat mendapat kritikan dari berbagai pihak.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, Pertamax kini telah resmi berada di harga Rp 12.500.

Meski begitu, Pertamina mengklaim bahwa harga bahan bakar di Indonesia masih jauh terlampau murah.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengeklaim harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia termasuk yang paling murah di dunia.

Klaim harga BBM termasuk yang paling murah di dunia tersebut lantaran pemerintah masih memberikan subsidi untuk beberapa jenis BBM.

"(Harga) BBM di Indonesia itu termasuk yang termurah di dunia, dan untuk itu pemerintah mensubsidinya luar biasa besar," ujarnya dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (6/4/2022).

Nicke mengatakan, pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp 7.800 liter untuk jenis Solar dan Rp 4.000-Rp 4.500 per liter untuk Pertalite.

Ia membandingkan, harga BBM RON 92 atau setara Pertamax di Indonesia hanya Rp 12.500 per liter, jauh lebih murah dari Inggris yang mencapai Rp 44.500 per liter.

Menurutnya, Pertamina sebisa mungkin akan menjaga harga BBM agar terjangkau bagi masyarakat.

Baca Juga: Jadi Nyonya yang Tinggal di Hunian Rp 79 Miliar, Sarwendah Tak Segan Turun ke Dapur Masak dengan Tangannya Sendiri Meski Punya 22 ART, Tengok Aksi Istri Ruben Onsu yang Begitu Piawai

Tapi, penyesuaian harga tak bisa dihindari apabila harga minyak dunia melonjak.

Lantas, benarkah harga BBM di Indonesia termasuk yang paling murah di dunia?