Find Us On Social Media :

Jadwal Rekrutmen PPPK 2022, Ada 3 Formasi Prioritas, Berikut Contoh Soal Kompetensi Teknis untuk Guru Kimia SMA Dilengkapi Kunci Jawaban

Pendaftaran PPPK 2022

Gridhot.ID - Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2022 akan segera dibuka.

Sesuai informasi, lowongan PPPK 2022 akan fokus pada 3 formasi prioritas, yakni tenaga pendidik, kesehatan dan penyuluh.

Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo mengatakan, kebijakan peniadaan seleksi CPNS 2022 dan mengutamakan rekrutmen PPPK ini merujuk pengalaman sejumlah negara maju, dimana jumlah PNS lebih sedikit dan jumlah PPPK lebih banyak.

Selain itu, pelaksanaan seleksi CPNS relatif membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan PPPK, sehingga dikhawatirkan tidak akan selesai tepat waktu jika membuka formasi CPNS pada tahun ini.

Namun, bukan sepenuhnya formasi CPNS dihilangkan dalam Seleksi CASN Tahun 2022. Formasi CPNS masih tetap dibuka melalui skema sekolah kedinasan.

Mengutip Kompas.com, untuk memenuhi kebutuhan guru PPPK 2022, Kemendikbud Ristek membuka 758.018 formasi.

Jika tidak ada kendala, seleksi PPPK Guru akan dibuka pada bulan Juli 2022 mendatang.

Maka dari itu, persiapkan diri Anda mulai sekarang.

Ada 4 materi ujian seleksi PPPK yakni seleksi kompetensi teknis, manajerial, sosial kultural dan wawancara.

Baca Juga: Cuma Bakal Terima 80 Persen dari Gaji Pokok di Awal, Ratusan CPNS Mengundurkan Diri dengan Alasan Pendapatan, Ternyata Ini Besaran Gaji PNS dari Golongan I Hingga IV

Seleksi kompetensi teknis adalah tes untuk menguji pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku pelamar sesuai dengan jabatan yang dilamar.

Artinya, masing-masing pelamar akan memperoleh soal kompetensi teknis yang berbeda-beda tergantung dari jabatan yang dilamar.