Find Us On Social Media :

Pengorbanan Besar Kakaknya Buatnya Jadi Lulusan Terbaik, Pemuda Indonesia yang Hampir Tak Kuliah Ini Cetak Sejarah Mentereng Harvard Law School, Intip Perjuangannya yang Penuh Haru

Andhika Sudarman pembuat aplikasi SejutaCita

Gridhot.ID - Biaya kuliah memang tiap tahun semakin meninggi.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, di tahun 2020 saja, lima perguruan tinggi terbaik di Indonesia memiliki biaya UKT hingga 30 juta rupiah per semesternya tergantung Fakultas yang diambil.

Memang biaya tersebut tentu akan nampak ringan bagi sebagian orang, namun bisa juga menjadi sangat tinggi bagi yang lainnya.

Keinginan untuk menuntut ilmu setingi-tingginya merupakan salah satu impian besar bagi banyak orang.

Akan tetapi, biaya pendidikan yang tinggi terkadang menjadi hambatan bagi sebagian orang sehingga membuat mereka merasa harapan tersebut pupus.

Hal inilah yang sempat dirasakan seorang pemuda Indonesia bernama Andhika Sudarman saat hendak melanjutkan pendidikan ke sarjana perguruan tinggi.

Dikutip Gridhot dari Tribun Jakarta, Andhika hampir tidak bisa kuliah karena masalah biayanya yang cukup tinggi.

Namun, dukungan dan jasa sang kakak yang rela tidak kuliah agar Andhika bisa kuliah membuat pemuda itu tak putus harapan.

Untuk membalas jasa dan dukungan sang kakak yang tiada hentinya, Andhika berusaha memberikan yang terbaik dan membuktikan semangatnya dalam menuntut ilmu.

Baca Juga: Lowongan Kerja Lulusan SMA, Badan Pusat Statistik Buka Kesempatan Emas di Posisi Ini, Simak Syarat dan Cara Mendaftarnya

Lulus menjadi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia melalui jalur tes tertulis pada tahun 2011, dan berhasil menyandang predikat Mahasiswa Berprestasi Nasional pada tahun 2014.

Tidak berhenti sampai di situ, Andhika bahkan berhasil melanjutkan pendidikan di Harvard Law School yang terletak di Cambridge, Amerika Serikat, salah satu sekolah hukum terbaik di dunia serta almameter mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.