Find Us On Social Media :

Serukan Ultimatum, China: Jika Ada yang Berani Renggut Taiwan, Tentara Pembebasan Rakyat Tak Ragu Memulai Perang!

Ilustrasi jet tempur

GridHot.ID - Taiwan, secara resmi dikenal sebagai Republik China (ROC), adalah sebuah pulau yang dipisahkan dari China oleh Selat Taiwan.

China memandang Taiwan sebagai provinsi yang memberontak.

China pun sangat berambisi untuk menyatukan Taiwan dengan daratan.

Dilansir dari cfr.org, China menegaskan bahwa hanya ada "Satu China" dan Taiwan bagian dari hal tersebut.

Kemudian melansir Eurasian Times, China bahkan tidak ragu memulai perang jika Taiwan ditarik dari China, sebagaimana yang dikatakan oleh Juru Bicara Kemeterian Pertahanan China Wu Qian pada Jumat (10/6/2022).

"Jika ada yang berani merenggut Taiwan dari negara kami, Tentara Pembebasan Rakyat China tidak akan ragu untuk memulai perang," kata Wu Qian seperti dikutip CCTV setelah pertemuan antara Menteri Pertahanan Wei Fenghe dan timpalannya dari AS Lloyd Austin di Singapura.

"Kami akan dengan tegas mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorial negara kami," lanjutnya.

Untuk diketahui, Menteri Pertahanan Nasional Lloyd J. Austin III bertemu dengan Wei Fenghe untuk membahas perlunya mengelola persaingan secara bertanggung jawab dan menjaga jalur komunikasi terbuka.

"Menteri Pertahanan Nasional Lloyd J. Austin III hari ini bertemu dengan Menteri Pertahanan Nasional Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Jenderal Wei Fenghe di sela-sela Dialog Shangri-La di Singapura."

Baca Juga: Buntut Tuduhan Australia dan Kanada soal Intersepsi Berbahaya, AS Terbangkan Pesawat Pengintai RC-135U untuk Memata-matai China

"Sekretaris Austin dan Jenderal Wei membahas hubungan pertahanan AS-RRT dan masalah keamanan regional," kata pernyataan dari Pentagon.

Menurut Pentagon, Austin berfokus pada "kebutuhan untuk mengelola persaingan secara bertanggung jawab dan mempertahankan jalur komunikasi yang terbuka."