Find Us On Social Media :

Ngadu Negaranya Masih Diserang Misil AS-4 Milik Rusia Sebelum Jokowi Tiba, Penasihat Presiden Ukraina: Mereka Selalu Berbohong!

Rudal AS-4 milik Rusia menghantam pusat perbelanjaan di Kremenchuk, Ukraina.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Sebuah video yang diambil dari rekaman kamera CCTV merekam jelas rudal AS-4 milik Rusia menghantam pusat perbelanjaan di Kremenchuk, Ukraina.

Pihak Rusia sebelumnya berdalih ledakan tersebut menyebar dari target militer gudang senjata di dekat lokasi.

Namun bukti yang dihimpun belum lama ini mematahkan klaim Rusia yang mengaku tak menargetkan infrastruktur sipil.

Dikutip dari Tribunwow pada 29 Juni 2022, rekaman baru tersebut telah menangkap saat sebuah pusat perbelanjaan Ukraina dihancurkan oleh rudal anti-kapal Rusia.

Kremlin sebelumnya menyangkal dan mengatakan bahwa mal tersebut secara tidak sengaja terbakar setelah pengeboman sebuah pabrik di dekatnya.

Video yang direkam pada kamera CCTV yang menghadap ke belakang mal Amstor di Kremenchuk, Ukraina tengah, menunjukkan rudal AS-4 Kitchen yang dipandu.

Rudal yang awalnya dirancang untuk menghancurkan kapal induk AS ini menghantam pusat perbelanjaan pada Senin 27 Juni 2022, sekitar pukul 16.00 waktu setempat sehari sebelum Presiden Indonesia Jokowi tiba di Kiev.

Kementerian pertahanan Rusia telah mengakui menjadi dalang di balik serangan itu, meskipun seorang politisi awalnya menyalahkan Ukraina karena membom rakyatnya sendiri.

Kremlin mengatakan hanya menyerang pabrik Kredmash di dekat mal, yang digunakan sebagai gudang senjata barat yang akan diangkut ke Donbas.

Baca Juga: Inalillahi Wainalilahi Rojiun, Ibu dan Adik Kandung Aktris Ayu Anjani Jadi Korban Tewas, Begini Kronologi Kapal Tenggelam di Labuan Bajo

Tapi Ukraina mengatakan Rusia sengaja menargetkan mal itu dalam 'serangan teroris' yang dirancang untuk menabur ketakutan di kalangan warga sipil.