Find Us On Social Media :

Datangi Vanuatu Negara yang Kerap Menyudutkan Indonesia, Momen Benny Wenda Disambut Super Meriah Terekam Kamera, Pentolan KKB Papua Disebut Serahkan Dokumen Ini

Benny Wenda

GridHot.ID - Pentolan KKB Papua Benny Wenda bertolak ke negara Vanuatu.

Sebagaimana yang diberitakan oleh Kompas.com, Vanuatu merupakan negara di Pasifik Selatan yang tidak pernah menyerah menyudutkan Indonesia dalam berbagai forum internasional.

Baik dalam sidang umum PBB maupun dalam forum tentang HAM di PBB.

Perdana Menteri Vanuatu Bob Loughman Weibur sempat menyebut adanya pelanggalan Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua.

Bahkan dalam pidatonya, ia meminta Kantor Komisaris HAM PBB untuk mengunjungi Papua Barat dan memberikan penilaian independen tentang isu HAM di sana.

Namun, tuduhan pelanggaran HAM di Papua itu dibantah oleh diplomat Indonesia, Sindy Nur Fitri.

"Kami dengan keras menolak tuduhan yang salah, tak berdasar dan misinterpretasi yang terus dilakukan Vanuatu," kata Sindy, dikutip dari Kompas TV.

Dilansir dari Pos-Kupang.com, Benny Wenda menjabat sebagai President United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) tiba di Bandara International Port Vila, Vanuatu, pada Senin (4/7/2022) siang.

Benny Wenda disambut oleh Ketua Komite Asosiasi Perjuangan Kemerdekaan Papua Barat Vanuatu (VWPISA), Elder Job Dalesa.

Baca Juga: Berani Dukung Benny Wenda Pentolan KKB Papua, Pejabat Vanuatu Tangan Terbuka Rapat dengan Pemimpin OPM di Luar Negara, Ini Misinya

Benny Wenda juga disambut oleh pelopor perjuangan Papua Barat dan mantan sekretaris jenderal Provinsi Shefa, Morris Kaloran dan penjaga kantor Papua Barat, Freddy Warome.

Benny Wenda mendapat perlakukan istimewa di Vanuatu.