Find Us On Social Media :

Bank Soal PPPK Guru 2022, Berikut Contoh Soal Kompetensi Manajerial dan Cara Daftar Akun SIMPKB GTK Kemendikbud, Pastikan Miliki Nomor UKG

Ilustrasi - Seleksi PPPK Guru dan Non Guru 2022

Gridhot.ID - Para guru honorer masih menanti jadwal rekrutmen PPPK Guru 2022.

Kemendikbudristek menyatakan jadwal PPPK Guru 2022 masih dibahas di Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Saat ini jadwal PPPK Guru tengah digodok oleh Panselnas dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (KemenpanRB) bersama dengan jadwal PPPK 2022.

Kepala Biro Data Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan RB Mohammad Averrouce, meminta masyarakat untuk bersabar.

"Sabar, nanti diinfokan ya oleh Kemendikbudristek dan BKN, masih proses verifikasi penetapan formasi," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (13/6/2022).

Diberitakan sebelumnya, pemerintah akan membuka pengadaan PPPK Guru 2022 untuk kategori pelamar prioritas dan umum.

Dari total 1.035.811 formasi yang akan dibuka untuk PPPK, formasi terbesar dialokasikan untuk PPPK Guru di pemerintah daerah sebanyak 758.018 orang, disusul PPPK fungsional non guru sebanyak 184.239 orang.

Sementara di tingkat pusat, PPPK Guru dibuka untuk 45 ribu formasi, dosen 20 ribu formasi, dokter atau tenaga kesehatan 3.000 formasi, serta jabatan teknis lainnya 25.554 formasi.

Adapun seleksi kompetensi bagi pelamar umum masih sama dengan seleksi tahun 2021, menggunakan CAT-UNBK untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Baca Juga: Meski Sama-sama Berstatus ASN, PNS dan PPPK Punya 7 Perbedaan, Mulai Gaji Hingga Status Hubungan Kerja, Ini Penjelasannya

Cara Daftar SIMPKB GTK Kemendikbud

Bagi peserta yang memenuhi kriteria dan berencana mengikuti seleksi PPPK Guru 2022 dapat mulai mempersiapkan diri dari sekarang.