Find Us On Social Media :

Embun Beku Serang Distrik Kuyawage Tewaskan 4 Warga, Terisolasi Pegunungan Hingga Rawan KKB Papua Buat Pemerintah Sulit Kirim Bantuan, Aparat TNI-Polri Tak Bisa Sembarangan Injakkan Kaki di Sana

Warga sekitar tak bisa menimbun makanan akibat Embun Beku merusak panen mereka

Gridhot.ID - Embun Beku kini sedang menyerang distrik yang berdekatan dengan wilayah kekuasaan KKB Papua.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, wilayah tersebut adalah Kuyawage Papua.

Embun Beku sendiri terjadi pertama kali pada 1998.

Beberapa orang meninggal dunia akibat kelaparan karena tanaman mereka tak bisa hidup di tengah fenomena alam ekstrem tersebut.

Embun Beku membuat sebuah daerah menjadi kering kerontang.

Embun luar biasa dingin akan turun mulai pukul 2 pagi namun di siang harinya tiba-tiba panas terik.

Hal inilah yang membuat tanaman menjadi rusak parah.

Dikutip Gridhot dari Antara News dan POS Kupang, Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua sedang dilanda rawan pangan sebagai dampak dari fenomena alam embun beku yang melanda daerah tersebut sejak Juni 2022.

Dampak lanjutannya, empat orang dinyatakan meninggal dunia, termasuk dua anak-anak, dari 548 total kepala keluarga yang terdampak fenomena alam embun beku tersebut.

Baca Juga: Muak dengan Kelakuan Razman Nasution yang Dituding Lecehkan Aspri, Denise Chariesta Sindir Sang Pengacara hingga Ingatkan Soal Ini: Kok Bisa Pelecehan Verbal di Depan Umum Gini

Tidak ada masyarakat yang mengungsi, sedangkan Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya sudah memberikan bantuan ke warga.

Kepala BPBD Papua Wiliam Manderi di Jayapura, Rabu 3 Agustus 2022, mengatakan telah mengirim tim berjumlah dua orang ke Distrik Kuyawage. Mereka berangkat melalui Wamena lalu ke Tiom dan bersama BPBD Kabupaten Lanny Jaya kemudian ke Kuyawage.