Find Us On Social Media :

Korea Selatan Pertimbangkan Pengecualian Wajib Militer Anggota BTS, Pemerintah Hadapi Dilema Pelik, Mantan Menteri Budaya Ingatkan 1 Hal

Pemerintah Korea Selatan saat ini tengah menghadapi dilema terkait wajib militer untuk anggota boyband K-pop BTS.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Pemerintah Korea Selatan saat ini tengah menghadapi dilema terkait wajib militer untuk anggota boyband K-pop BTS.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan 2 September 2022, oleh karenanya, pemerintah Korea Selatan berencana melakukan survei publik untuk membantu menentukan apakah negara akan memberikan pengecualian wajib militer kepada anggota boyband K-pop BTS.

Melansir AP, masalah wajib militer aktif untuk tujuh anggota band telah menjadi topik hangat di Korea Selatan.

Pasalnya, anggota BTS tertua, Jin, akan menjalani wajib militer pada bulan Desember, ketika ia berusia 30 tahun.

Menteri Pertahanan Lee Jong-sup mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dia memerintahkan para pejabat untuk melaksanakan survei dengan cepat.

Dia mengatakan kementeriannya juga akan melihat berbagai faktor lain seperti dampak ekonomi BTS, pentingnya dinas militer dan kepentingan nasional secara keseluruhan.

Namun, pernyataannya itu menimbulkan kegemparan publik.

Tak lama, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengklarifikasi dalam sebuah pernyataan bahwa Lee memerintahkan para pejabat untuk memeriksa apakah survei semacam itu diperlukan, daripada segera meluncurkannya.

Dikatakan para pejabat diminta untuk mempelajari rincian termasuk lembaga mana yang akan bertanggung jawab untuk survei, berapa lama waktu yang dibutuhkan dan siapa sebenarnya yang akan disurvei.

Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN PT Sucofindo September 2022, Lulusan D3 Bisa Mendaftar, Berikut Syarat dan Link Pendaftarannya

Pernyataan itu mengatakan jika survei dilakukan, itu akan dilakukan oleh organisasi ketiga, bukan oleh kementerian atau otoritas terkait, untuk memastikan keadilan.