Find Us On Social Media :

Pentolan KKB Papua Damianus Magai Yogi Dituding Jadi Kaki Tangan TNI-Polri, Ini Sosoknya yang Pernah 1 Tahun Jabat Panglima Tertinggi TPNPB-OPM

Damianus Magai Yogi, yang dikenal sebagai Panglima Tertinggi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Mardeka ( TPNPB-OPM) KKB Papua

GridHot.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua terus menjadi sorotan publik.

Bahkan, diketahui jika hingga kini, KKB Papua masih terus melakukan pergerakan.

Teror-teror pun masih terus menghantui masyarakat sipil di Bumi Cenderawasih.

Mengutip Pos-kupang.com, Damianus Magai Yogi, yang dikenal sebagai Panglima Tertinggi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Mardeka ( TPNPB-OPM), dituding sebagai agen TNI Polri di Papua.

Seperti diberitakan Pos-kupang.com sebelumnya, tudingan itu disampaikan Komnas TPNPB-OPM melalui siaran pers Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM mengenai sidang istimewa TPNPB-OPM Kodap VIII Intan Jaya, Rabu 10 Agustus 2022, sebagaimana diunggah akun YouTube Rimbah Hutan 61.

Disebutkan bahwa sidang istimewa itu digelar pada Selasa 9 Agustus 2022 dengan agenda pemilihan Panglima TPNPB-OPM Kodap VIII Intan Jaya untuk menggantikan Ayub Waker yang telah meninggal dunia.

Selain itu, dua pucuk pimpinan, Wakil Panglima TPNPB-OPM Kodap VIII Intan Jaya Sabinus Waker dan Komandan Operasi Kodap VIII Intan Jaya Gusby Waker yang sudah tidak aktif dan sudah bergabung dengan West Papua Army ( WPA).

"Wakil Panglima Sabinus Waker serta Komandan Operasi Kodap VIII Intan Jaya Gusby Waker telah meninggalkan tanggung jawab kemudian bergabung ke WPA di bawah Komando Damianus Magai Yogi yang merupakan agen TNI/Polri," demikian siaran pers Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM.

Disampaikan juga bahwa Kodap VIII Intan Jaya sudah mengirim laporan pada Juni 2022. Isi laporan, bahwa Wakil Panglima TPNPB Kodap VIII Intan Jaya Sabinus Waker dan Komandan Operasi Gusby Waker sudah bergabung dengan WPA.

TPNPB Kodap VIII Intan Jaya juga telah mengirim bukti foto dan video di mana Gusby Waker telah dilantik sebagai Komandan Operasi Umum WPA pada 1 Juli 2022.

Mengenai Demianus Magai Yogi yang dituding sebagai kaki tangan TNI-Polri hingga berita ini belum informasi mengenai respons Damianus Magai Yogi atas tudingan tersebut.

Baca Juga: Polda Papua Masih Selidiki Hubungan Korban dengan KKB Papua, Kasus Mutilasi yang Dilakukan Oknum TNI Buat Jenderal Andika Perkasa dan Prabowo Subianto Dipanggil Komisi I DPR