Find Us On Social Media :

Gelagat Suami Putri Candrawathi saat Diistimewakan Terlihat, Penasihat Ahli Kapolri Singgung Jabatan Kadiv Propam yang Sempat Diampu Ferdy Sambo: Harusnya Diisi Perwira Senior

Mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo, saat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di Komplek Polri Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022).

GridHot.ID - Tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo, terus mendapatkan sorotan.

Dilansir dari Kompas.com, Penasihat Ahli Kapolri bidang Keamanan dan Politik, Muradi, menyebut Ferdy Sambo dianggap punya pengaruh dan kuasa besar di Polri karena dianggap punya punya akses ekonomi.

Lebih jelasnya, Muradi mengatakan Sambo dianggap mampu mengelola sumber-sumber pendanaan di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang digunakan untuk keperluan Polri.

"Poin pentingnya Sambo ini kan bukan cuma kekuasaan yang dia punya, tapi juga akses ekonomi," kata Muradi dalam program Back To BDM di Kompas.id, seperti dikutip pada Kamis (15/9/2022).

Lebih lanjut, Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran itu mengatakan, posisi Sambo bisa mempengaruhi banyak perwira senior Polri.

"Hanya memang dia punya akses ekonomi itu tadi, bahkan kakak asuh sekalipun itu juga bisa menjadi bagian penting dari yang bisa dia kendalikan," ucap Muradi.

Muradi mengatakan, gelagat suami Putri Candrawathi diistemawakan karena dianggap sebagai "bendahara" di Polri terlihat dari pergantian Kapolri, yakni dari masa Jenderal Tito Karnavian kepada Jenderal Idham Azis, lalu ke Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Apalagi misalnya pasca Kapolri Idham Azis kan, beliau kemudian sebelum pak Idham Azis selesai pensiun kan dia dijadikan Kadiv Propam. Naik bintang 2. Ini yang saya kira kode 'nitip'nya ya. Sekarang pak IA nitip ke Pak Sigit untuk kemudian jadi Kadiv Propam," ucap Muradi.

Menurut Muradi, jabatan Kadiv Propam yang sempat diampu Sambo mempunyai kekuasaan yang besar.

Sebab Propam bertugas mengawasi sesama polisi dan menindak jika terjadi pelanggaran.

Baca Juga: Berawal dari Laporan Brigadir J ke Putri Candrawathi Jika Ferdy Sambo Sudah Menikah Lagi dengan 'Si Cantik', Kamaruddin Simanjuntak Terang-terangan Bongkar Motif Sesungguhnya Eks Kadiv Propam Habisi Nyawa Kliennya

"Ini juga saya kira salah satu yang serius. Kekuasaan dia lumayan besar," ujar Muradi.