Find Us On Social Media :

Padahal Tingkat Keasamannya Terbilang Tinggi, Air Lemon Ternyata Bisa Menurunkan Asam Lambung, Kok Bisa?

Ilustrasi - Air Lemon digunakan untuk mengatasi asam lambung

GridHot.ID - Asam lambung naik bisa menyerang siapa saja dan di mana saja.

Makanan asam biasanya dihindari oleh penderita asam lambung.

Namun, siapa sangka jika air lemon dinilai bisa menurunkan asam lambung?

Melansir Tribunnews.com, Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung masih menjadi persoalan serius bagi kesehatan masyarakat Indonesia.

Hingga kini memang belum ada data yang tepat mengenai kasus GERD ini tetapi dari hospital base yang dapat ditelusuri ada sekitar 20 persen dari total pasien yang datang ke Departemen Ilmu Penyakit Dalam menyampaikan keluhan gejala GERD dari ringan hingga parah.

GERD adalah kondisi ketika asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan (refluks asam) yang dipicu melemahnya katup di bagian bawah kerongkongan.

Gangguan kesehatan ini dapat disembuhkan atau dikurangi dengan menghambat sekresi asam lambung sedangkan untuk penghambat sekresi asam lambung, PPI, yang muncul pada akhir tahun 80-an, paling banyak digunakan hingga saat ini.

Melihat kondisi ini membuat Daewoong Pharmaceutical, awal bulan Juli 2022 meluncurkan obat GERD yang dikembangkan sendiri dengan API Fexuprazan (Fexuprazan hidroklorida) di Korea yang diharapkan mampu meningkatkan ekspektasi di pasar global untuk obat baru terbaik di kelasnya untuk pengobatan GERD.

Sengho Jeon, CEO Daewoong Pharmaceutical mengatakan, pihaknya menghadirkan obat ini karena secara global jumlah pasien GERD meningkat apalagi nilai pasar obat anti-maag global cukup menggiurkan.

"Data Target Addressable Market (TAM), perusahaan riset pasar global, pasar obat anti-maag global mencapai Rp 237,8 triliun, dan banyak pasien di seluruh dunia menderita penyakit ini," kata Sengho Jeon dalam keterangannya, Minggu (24/7/2022).

Sejauh ini, kata Sengho Jeon, pihaknya telah menandatangani kontrak ekspor teknologi senilai Rp 12,6 triliun ke 15 negara di dunia antara lain Cina, Amerika Serikat, dan Brasil serta telah menyerahkan NDA ke 8 negara antara lain Indonesia, Chile, dan Thailand.

Baca Juga: Bisa Beresiko Bagi Sebagian Orang, Jeruk Nipis Ternyata Bisa Mengobati Asam Lambung, Simak Baik-baik Penjelasan Ahli Ini