Find Us On Social Media :

Tak Perlu Khodam Sakti, Patih Gajah Mada Ternyata Punya Pusaka yang Buat Bangsa Eropa Ketar-ketir, Pantas Majapahit Tak Terkalahkan

Patung Patih Gajah Mada

Gridhot.ID - Khodam merupakan jin pendamping manusia.

Dikutip Gridhot dari Bangka POS, khodam disebut-sebut berkaitan dengan tingkat keimanan manusia.

Ada pula yang menyebutkan bahwa khodam datang hasil dari usaha leluhur terdahulunya.

Khodam juga dipercaya memberikan kesaktian ke manusia yang dia ikuti.

Meski kisah penggunaan khodam sering melekat di berbagai cerita masa lalu, nyatanya sosok Patih Gajah Mada tak pernah menggunakan khodam.

Dirinya hanya menggunakan pusaka yang bisa membuat siapa saja ketakutan.

Dikutip Gridhot dari Intisari, keris dan tombak mungkin terkenal sebagai senjata tradisional khas Nusantara yang digunakan orang-orang zaman dahulu.

Pada saat mengucapkan Sumpah Palapa yang sangat terkenal itu, konon Patih Gajah Mada pun menggunakan pusaka berupa senjata tradisional berwujud keris.

Dapat kita lihat pula banyak patung Gajah Mada yang dilukiskan dengan menggenggam sebilah keris.

Misalnya, patung raksasa yang berada di Taman Bung Karno di Tabanan Bali atau pada Relief Sejarah Nusantara di Monumen Nasional Jakarta.

Selain itu, ada sebuah keris yang sangat melegenda dan berkaitan dengan kisah berdirinya kerajaan Singasari, yang mana trahnya berlanjut sampai kerajaan Majapahit.

Baca Juga: Bentengi Anak-anak Bumi Cendrawasih dari KKB Papua dan Kebodohan, Bripka Septinus Rela Rogoh Kantong untuk Mengajar di SD Inpres Papua Barat dan Belikan Jajan Para Bocah Agar Semangat Sekolah