Find Us On Social Media :

Turunkan Asam Lambung Tinggi, Ini 9 Pilihan Bahan Alami yang Ampuh Bagi Penderita GERD, Simak Cara Mengolahnya untuk Dijadikan Obat

Ilustrasi penyakit asam lambung atau GERD

Gridhot.ID - Asam lambung naik bisa menyerang kapan saja dan kepada siapa saja.

Asam lambung naik bisa disebabkan karena telat makan, memakan makanan yang asam dan pedas, stress, hingga kelelahan.

Asam lambung adalah ketika ada sekresi asam berlebih di kelenjar lambung dan menghasilkan gas, bau mulut, sakit perut, serta gejala lainnya.

Penyakit asam lambung yang sering terjadi dapat mengindikasikan penyakit refluks gastroesofagus (GERD), yakni bentuk asam lambung kronis yang lebih parah dan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius jika tidak diobati.

Dokter Spesialis Penyakit dalam Konsultan Gastroenterologi Hepatologi, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam Sp.PD-KGEH, MMB, mengatakan, GERD memang termasuk penyakit kronis, tetapi penyakit ini masih bisa diobati.

"Tetapi, GERD sendiri tidak bisa menyebabkan langsung terjadinya kematian," jelas Ari kepada Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Meski tidak langsung bisa menyebabkan kematian, GERD memang dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

Idealnya, untuk mengatasi asam lambung naik, Anda harus mengubah pola makan dan meminum obat untuk menurunkan asam lambung, seperti antasida.

Namun, terlalu sering mengonsumsi obat-obatan bisa menimbulkan efek samping yang kurang baik untuk tubuh Anda.

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), berikut ini 9 obat alami asam lambung.

Obat asam lambung

Baca Juga: Tanpa Disadari Bisa Jadi Tanda Asam Lambung Tinggi, Ketahui Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah, Waspadai Terinfeksi Covid-19