Find Us On Social Media :

15 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan Jika Tak Ingin Asam Lambung Semakin Parah

Ilustrasi penyakit asam lambung.

GridHot.ID - GERD atau biasa disebut asam lambung adalah salah satu penyakit dengan ditandai munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Seperti dilansir Gridhot dari Bangkapos, gejala penyakit asam lambung muncul minimal dua kali dalam seminggu.

Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa atau anak-anak.

Gejala refluks asam lambung yang paling umum dikenal sebagai heartburn, yaitu rasa nyeri dan terbakar di dada atau tenggorokan.

Dari mereka yang secara teratur mengalami heartburn, sekitar 20–40 persen di antaranya dilaporkan didiagnosis memiliki penyakit refluks gastroesofagus (GERD), yakni bentuk refluks asam lambung yang paling serius.

Selain heartburn, gejala umum refluks asam lambung, di antaranya termasuk:

Pengobatan GERD sendiri mungkin memerlukan obat resep dan terkadang pembedahan atau prosedur lain. Jika terus dibiarkan, GERD dapat merusak esofagus secara serius atau menyebabkan perubahan pra-kanker di esofagus yang disebut Barrett’s esofagus.

Untuk menghindari kondisi lebih parah, kenali beragam cara mengatasi asam lambung naik yang baik dipraktikan. Bagaimana saja?

1. Jangan makan berlebihan

Biasanya, asam lambung tidak dapat naik atau keluar ke kerongkongan karena adanya penghalang yang disebut sfingter esofagus bagian bawah. Sfingter esofagus adalah otot seperti cincin yang secara alami tetap tertutup dan biasanya hanya terbuka saat Anda menelan atau bersendawa.

 Baca Juga: Bisa Membantu Menetralkan Asam, Begini Cara Membuat Jus Timun untuk Penderita Asam Lambung

Namun, pada penderita refluks asam lambung lambung, otot ini sering kali melemah atau tidak berfungsi. Inilah salah satu alasan mengapa orang dengan refluks asam lambung mengalami heartburn.