Find Us On Social Media :

Ulah KKB Papua Disorot Jokowi, Panglima TNI Janjikan Hal Ini Setelah Resmi Dilantik, Yudo Margono: Nanti Saya Laporkan ke Presiden

Presiden Jokowi bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang baru dilantik, Senin (19/12/2022) di Istana Negara, Jakarta

Gridhot.ID - Laksamana Yudo Margono resmi dilantik menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dilakukan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022).

Usai pelantikan, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono berjanji segera terbang ke Papua untuk mengetahui kondisi keamanan di Bumi Cendrawasih secara langsung.

Mengutip Kompas.com, kunjungan ini berkaitan dengan rencana Yudo menggunakan pendekatan humanis dalam menangani persoalan di Papua

"Nanti saya kan kesempatan pertama akan datang ke sana bersama kepala staf angkatan untuk melihat secara nyata apa sih sebenarnya yang terjadi di sana," kata Yudo setelah dilantik sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022).

Yudo mengatakan, dalam kunjungannya itu, ia akan mendengarkan masukan dari prajurit TNI yang ditugaskan di Papua, pemerintah daerah, serta tokoh agama dan masyarakat setempat.

Ia akan lebih dulu mendengarkan pendapat para pemangku kepentingan tersebut sebelum memutuskan strategi penanganan Papua.

"Pendekatan yang di lapangan ini apa yang ada di sana, jadi enggak harus belum-belum sudah diputuskan. Nanti saya putuskan, memutuskannya setelah saya cek dulu," kata Yudo.

Ia pun menekankan bahwa operasi TNI di Papua kini lebih menonjolkan operasi teritorial dengan tetap memberikan tindakan tegas sesuai aturan hukum.

"Nanti tentunya akan kita evaluasi dulu, baru nanti saya laporkan ke Bapak Presiden situasi yang ada," ujar Yudo.

Sementara itu, Presiden Jokowi meminta Yudo bersikap tegas terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua supaya konflik segera diakhiri.

Baca Juga: Dulu Anak Petani Sekarang Jadi Panglima TNI, Ini Profil Laksamana Yudo Margono, Istrinya Punya Jabatan Tak Biasa di Polri