Find Us On Social Media :

Awas Bisa Kanker! Waspada Jika Sering Alami GERD, 5 Bahaya Asam Lambung Kronis Ini Pantang Disepelekan

Ilustrasi penyakit asam lambung bisa menyebabkan kanker

Gridhot.ID - Penyakit asam lambung bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak sampai orang dewasa.

Penyakit asam lambung terjadi ketika cairan asam dari lambung kembali naik ke kerongkongan dan mulut.

Dilansir dari Piedmont Healthcare, gejala asam lambung naik di antaranya perut atas atau dada terasa panas, mulut terasa asam, nyeri dada, batuk sakit tenggorokan, dan mual.

Orang yang mengalami gejala asam lambung naik setidaknya 2 kali seminggu dikatakan mengidap gastroesophageal reflux disease (GERD).

Gangguan pencernaan ini rentan menyerang orang yang kelebihan berat badan, perokok, suka mengonsumsi makanan tinggi lemak, serta peminum kafein dan alkohol berlebihan.

Jika asam lambung kambuh, hal ini tentu menimbulkan rasa tidak nyaman serta membahayakan kesehatan karena meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit lain.

Sebelum mengetahui lebih lanjut bahaya dari penyakit atau gejala asam lambung, sebaiknya Anda melakukan pencegahan sebelum mengalaminya.

Salah satu pencegahan yang paling mudah adalah dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan menghindari hal-hal yang kurang baik untuk kesehatan.

Contohnya, berhenti merokok, menghindari makanan berlemak, sering berolahraga, mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan hal lain yang untuk menghindari asam lambung serta kesehatan tubuh lainnya.

Melansir dari WebMD, ada beberapa bahaya asam lambung kronis yang perlu diwaspadai, di antaranya:

Baca Juga: Hati-hati, Bahaya Makan Tomat Bisa Mengintai Penderita Asam Lambung Kronis, Ini Alasannya

Pembusukan Gigi