Find Us On Social Media :

Ustaz Abdul Somad Jelaskan Cara Menghitung Haid yang Tak Beraturan dan Sering Putus, Waktu Ini Sang Wanita Sudah Boleh Laksanakan Ibadah

Ilustrasi haid atau menstruasi

Gridhot.ID - Ustaz Abdul Somad menjelaskan tentang wanita yang mengalami menstruasi atau haid tak beraturan.

Ustaz Abdul Somad kemudian menjelaskan tentang bagaimana menghitung masa haid bagi perempuan hingga akhirnya bisa melaksanakan ibadah lagi.

Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad tentang hal ini.

Dikutip Gridhot dari HelloSehat, menstruasi atau haid adalah siklus bulanan wanita di mana mereka mengalami pendarahan pada vagina.

Siklus ini normal terjadi pada wanita setiap bulannya.

Pada dasarnya, tiap bulan tubuh wanita mempersiapkan diri untuk kehamilan dengan menghasilkan sel telur dari indung telur, proses yang disebut ovulasi.

Jika tak ada kehamilan yang terjadi maka, menstruasi pun akan terjadi.

Dalam Islam, wanita yang mengalami haid atau menstruasi tidak diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah terlebih dahulu hingga masanya selesai.

Meski biasanya haid terjadi selama satu minggu, namun ada juga wanita yang mengalami kondisi tertentu di mana haid mereka tidak teratur sehingga bisa mengalami masa menstruasi panjang.

Lalu bagaimana cara melakukan ibadah jika hal ini terjadi?

Dikutip Gridhot dari Serambinews, Abu Syekh H. Hasanoel Bashry HG, Mudir Lembaga Pendidikan Islam (LPI) MUDI Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen dalam sebuah video yang diunggah oleh kanal YouTube Tastafi Tv memberi penjelasan mana yang dikatakan sebagai darah haid sesuai dengan hari kemunculannya.

Baca Juga: Seperti Jumat Kliwon yang Jadi Pemusatan Energi Menurut Kitab Primbon Jawa, Pemilik 3 Weton Ini Konon Didampingi Khodam Terkuat dengan Keberuntungan Melimpah