Find Us On Social Media :

TPN-OPM Mengumumkannya, KKB Papua Pimpinan Ananias Ati Rusak Pipa Air Distrik Oksibil, Kapolres Pegunungan Bintang Tanggapi Begini

KKB Papua Kodap XXXV Bintang Timur merusak pipa air bersih di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, pada 12 Januari 2023. Kelompok ini dipimpin Ananias Ati Mimin.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Tidak hanya membakar gedung dan ruang kelas, Kelompok Kriminal Bersenjata alias KKB Papua di Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan mulai merusak fasilitas air bersih.

KKB Papua pimpinan Ananias Ati Mimin merusak sejumlah pipa air bersih bagi masyarakat Distrik Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan Pos-Kupang, 16 Januari 2023, kelompok yang sama sebelumnya menebar teror di Oksibil dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Polres Pegunungan Bintang Ajun Komisaris Besar Muhammad Dafi Bastomi saat dihubungi Senin 16 Januari 2023 mengatakan, ulah itu menyebabkan debit air menurun drastis.

Akan tetapi, dia belum mengetahui titik-titik kerusakan pipa air. Akses jalan menuju lokasi pipa yang diduga rusak terbilang sulit ditempuh dan hanya bisa didatangi dengan berjalan kaki.

"Masih ada air yang mengalir ke Oksibil. Namun, debitnya sangat kecil. Secepatnya, bersama pemerintah daerah kami akan memperbaiki pipa yang rusak,” kata Dafi.

Sebelumnya, Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) atau yang dinyatakan aparat keamanan sebagai KKB mengumumkan perusakan itu.

Lokasinya di Kampung Mabilabol dan dilakukan pada 12 Januari 2023.

Kelompok Ananias sebelumnya juga terlibat penembakan pesawat Maskapai Ikaros bernomor registrasi PK-HVV, Senin 9 Januari 2023, sekitar pukul 10.00 WIT. Akibatnya pesawat gagal mendarat di Bandara Oksibil.

Baca Juga: Asal Dilakukan dengan Benar, Puasa Bisa Sembuhkan Asam Lambung dan Maag, dr Santi Berikan 3 Tips Penting Ini

Pada hari yang sama, mereka juga membakar sejumlah ruangan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Oksibil.