Find Us On Social Media :

Ustaz Abdul Somad Tegaskan Tak akan Pernah Ada Manusia yang Bisa Memanggil Arwah Orang Meninggal: Itu Jin Qorin, Menyesatkan!

Jelangkung yang sering digunakan untuk memanggil arwah orang yang sudah meninggal

Gridhot.ID - Ustaz Abdul Somad menjelaskan tentang fenomena di mana ada orang mengaku bisa memanggil arwah manusia yang sudah meninggal.

Ustaz Abdul Somad kemudian menjelaskan tentang kebohongan-kebohongan para 'dukun' tersebut.

Berikut penjelasan lengkap dari Ustaz Abdul Somad.

Dikutip Gridhot dari laman Wikipedia yang dihimpun dari berbagai sumber, Indonesia mengenal ritual pemanggilan arwah dengan metode jelangkung.

Jelangkung atau jailangkung merupakan ritual pemanggilan makhluk gaib baik setan, jin, maupun arwah orang yang sudah meninggal.

Media yang digunakan untuk menampung makhluk halus atau maujud supernatural yang dipanggil dalam permainan Jailangkung adalah sebuah gayung air yang umumnya terbuat dari tempurung kelapa yang didandani pakaian dan bergagang batang kayu.

Meski permainan tersebut sudah tak pernah muncul kembali, masih banyak orang percaya dengan ritual memanggil arwah orang yang sudah meninggal.

Banyak yang percaya bahwa arwah orang yang sudah meninggal dapat dibangkitkan.

Dikutip Gridhot dari Sonora.ID, arwah orang yang telah meninggal dapat diberi jasad seperti boneka atau manusia kemudian bisa diajak berbicara.

Di mana arwah tersebut dipanggil kemudian dimasukan kedalam raga manusia yang hidup untuk ditanyai berbagai pertanyaan atau menceritakan sesuatu yang ingin diketahui.

Dalam hal ini salah satu pendakwah, Ustaz Abdul Somad mengatakan bahwa memanggil arwah orang yang sudah meninggal kemudian memasukan ke raga seseorang dan berbicara merupakan hal tidak bisa dilakukan oleh manusia.

Baca Juga: Bos KKB Papua Saling Ancam, Kubu Benny Wenda Murka Dituding Sebby Sambom Manipulasi Dokumen Perang: Saya Ingatkan Anda!