Find Us On Social Media :

Terjunkan Pasukan ke Wilayah Kekuasaan Egianus Kogoya, Panglima TNI Bongkar Kebohongan Jubir KKB Papua Terkait Penculikan Pilot Susi Air

Egianus Kogoya komandan KKB Papua culik pilot Susi Air

Gridhot.ID - TNI dan Polri kini memfokuskan diri untuk kasus pembakaran pesawat Susi Air di Distrik Paro, Papua.

Dikutip Gridhot dari Tribun Papua, sebelumnya dilaporkan juru bicara KKB Papua, Sebby Sambom mengaku pihaknya jadi sosok yang membakar pesawat Susi Air yang mendarat di Distrik Karo.

Sebby Sambom juga mengatakan kalau sosok yang membakar dan menculik pilot pesawat Susi Air adalah komandan KKB Papua Egianus Kogoya.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, lokasi terbakarnya pesawat milik Susi Air di landasan terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan disebut rawan dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Hal ini diakui oleh Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani.

"Di sana belum ada pos keamanan TNI-Polri," kata Faizal, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (7/2/2023).

Menurut Faizal, saat ini Distrik Paro menjadi markas dari KKB pimpinan Egianus Kogoya yang sudah berhasil dipukul mundur dari Distrik Kenyam.

"Paro itu markasnya Egianus," kata dia.

Meski sempat ada koar-koar dari pihak KKB Papua, Panglima TNI Yudo Margono langsung memberikan fakta mengejutkan mengenai kasus ini.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengirim pasukan ke Nduga, Papua, Rabu (8/2/2023) untuk proses evakuasi pilot hingga penumpang pesawat Susi Air setelah dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Iya nanti akan kita terjunkan pasukan kita untuk dievakuasi," kata Yudo kepada wartawan dalam rapat pimpinan (rapim) TNI-Polri di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Baca Juga: Keberadaan Pilot Susi Air Sudah Terdeteksi, Tim Gabungan Gercep Selamatkan Kapten Philips hingga Minta Bantuan Sosok Ini