Find Us On Social Media :

Ulah KKB Papua Disorot Media Asing, Egianus Kogoya Ternyata Jadi Pimpinan OPM yang Paling Berbahaya, Ini Daftar Kejahatannya

Pimpinan KKB Papua, Egianus Kogoya membakar pesawat Susi Air di Bandara Paro, Nduga, Selasa (7/2/2023) pagi

Gridhot.ID - KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya seringkali melakukan aksi teror terhadap warga sipil maupun aparat TNI-Polri.

Yang terbaru, KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya membakar pesawat Susi Air di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023) pagi.

KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya juga diduga melakukan penyanderaan pilot Susi Air, Philips Marthen asal Selandia Baru.

Saat ini, aparat gabungan TNI-Polri masih dalam proses pencarian Philips Marthen yang hilang setelah pesawat yang diawakinya dibakar KKB Papua.

Aksi pembakaran pesawat sekaligus dugaan penyanderaan pilot Susi Air oleh KKB Papua juga menjadi sorotan media internasional, salah satunya Bangkok Post.

Bangkok Post menerbitkan berita soal peristiwa pembakaran dan penyanderaan pilot beserta penumpang Susi Air dengan judul "Pemberontak Sandera Pilot Selandia Baru di Papua".

Media ini mengatakan, pilot Selandia Baru telah disandera oleh kelompok separatis di wilayah timur Indonesia yang ingin memisahkan Papua dari negara ini.

Bangkok Post mengutip pernyataan juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Sebby Sambom kepada AFP.

"Pilot sudah dibawa ke markas TPNPB, sangat jauh di kabupaten lain," ujar Sebby.

"Butuh waktu lama untuk sampai ke sana, mungkin satu atau dua hari, Mereka mungkin akan tiba hari ini," lanjutnya.

Apa itu KKB Papua?

Baca Juga: Kelaparan Jalan Kaki dari Paro, Kondisi Korban Intimidasi KKB Papua Memprihatinkan, Danrem 172/PWJ: Mereka 2 Hari di Hutan