Find Us On Social Media :

Diberondong 9 Peluru, Ini Kronologi Pesawat Trigana Air Ditembaki KKB Papua di Bandara Dekai, Proyektil Mengenai Kursi Penumpang

KKB Papua menembaki pesawat Trigana Air di Bandar Udara Nop Goliath Dekai, Sabtu (11/3/2023).

Gridhot.ID - KKB Papua kembali melakukan aksi penembakan di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Sabtu (11/3/2023). 

Kali ini pesawat Trigana Air dengan nomor penerbangan PK-YSC yang menjadi sasaran KKB Papua.

Penembakan oleh KKB Papua terjadi saat pesawat hendak mendarat dan lepas landas di Bandar Udara Nop Goliath Dekai.

Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pada Sabtu sekitar pukul 13.35 WIT itu.

Mengutip dari Kompas.com, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignasius Benny Ady Prabowo menjelaskan, penembakan pertama terjadi saat pesawat ingin mendarat di Bandar Udara Nop Goliat Dekai.

"Sekitar pukul 13.35 WIT, melalui HT dari personel Opsnal Polres Yahukimo bahwa telah terdengar bunyi tembakan sebanyak 4 kali pada saat pesawat jenis Trigana Air (jenis Boeing) landing di Bandar udara Nop Goliath Dekai yang berasal dari arah seputaran Kali Brasa Dekai," ucap Benny melalui keterangan tertulis, Sabtu.

Untung saja, pesawat yang membawa 55 penumpang dan kru itu berhasil mendarat dengan selamat.

Tim gabungan bersama pihak maskapai langsung mengecek body pesawat dan tidak ditemukan bekas tembakan.

Namun, penembakan kembali terjadi ketika pesawat yang sama, lepas landas menuju Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Terdengar 5 kali tembakan ke arah pesawat.

Benny menambahkan, pesawat yang membawa 66 penumpang dan kru itu berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Setelah mendarat di Bandara Sentani, penumpang segera diturunkan dan teknisi bandara melakukan pengecekan.

Baca Juga: Lari dari Tugas Gondol Senjata TNI, Ini 5 Fakta soal Yotam Bugiangge, Sosoknya Gabung KKB Papua dan Jadi Dalang Penembakan di Yakuhimo