Find Us On Social Media :

Panglima TNI Bongkar Alasan Tak Mau Bebaskan Pilot Susi Air dengan Kontak Senjata, Yakin KKB Papua Bakal Pakai Cara Licik Ini untuk Bertahan

Panglima TNI angkat bicara masalah pembebasan Pilot Susi Air.

Gridhot.ID - KKB Papua dilaporkan masih menyandera pilot Susi Air, kapten Philip Mark Merthens.

Dikutip Gridhot dari Tribun Papua, sudah dua bulan pilot Susi Air tersebut berada di tangan KKB Papua.

TNI Polri masih terus berupaya melakukan cara terbaik untuk membebaskan pilot Susi Air dari KKB Papua.

Berbagai cara sudah dicoba pihak TNI Polri.

Bahkan negosiasi sempat berjalan antara Polri dengan KKB Papua Egianus Kogoya.

Namun permintaan Egianus Kogoya terlalu sulit untuk dikabulkan sehingga Polri dan TNI masih terus berusaha menunggu negosiasi terbaik tanpa melakukan cara frontal yaitu kontak senjata.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan, dirinya tidak ingin memerangi teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua dalam pembebasan pilot Susi Air, Philip Mark Methrtens, yang sudah dua bulan disandera KKB.

Yudo khawatir KKB malah menjadikan warga di Papua menjadi "tameng" ketika berperang.

"Saya tidak mau menggunakan cara perang. Nanti kalau cara perang, banyak penduduk yang jadi korban yang digunakan mereka sebagai 'tameng'," ujar Yudo saat ditemui di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023).

Yudo mengatakan, TNI mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam pembebasan pilot Susi Air.

Menurut dia, operasi pembebasan pilot Susi Air jangan sampai malah membuat nyawa masyarakat hingga tokoh setempat menjadi korban.

Baca Juga: Ida Dayak Disebut Dapat Hadiah Kebun Kurma dari Pangeran Arab, Sang Wanita Sakti Justru Ungkap Kebenaran yang Mengejutkan: Tujuannya Membantu