Find Us On Social Media :

Ulah KKB Papua Makin Gila, Tega Bakar 4 Rumah Warga di Distrik Ilaga, Kapolda Ungkap Sosok Pemilik yang Jadi Korban

Ilustrasi KKB Papua membakar sejumlah rumah warga

Gridhot.IDKKB Papua kembali melakukan aksi teror. Kali ini kelompok bersenjata membakar rumah warga.

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengatakan KKB Papua membakar 4 rumah warga yang terletak di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada Jumat (28/4/2023).

Dari laporan yang diterima Polda Papua, kata Mathius, aksi pembakaran oleh KKB Papua terjadi sekitar pukul 15.28 WIT.

Menurut Mathius, rumah-rumah yang dibakar itu merupakan bekas mes karyawan.

"Memang 4 rumah yang dibakar itu sudah tidak ditinggal lagi dan sempat disewa untuk dijadikan mes bagi karyawan PT Unggul," kata Fakhiri di Jayapura, Jumat, dikutip dari Antara.

Fakhiri menjelaskan, kasus pembakaran rumah warga oleh KKB Papua itu awalnya dilaporkan saksi yang mendengar teriakan mama-mama di dekat honai laki-laki, tempat saksi berada.

Saksi bernama Abius Kogoya kemudian meminta sanak keluarganya untuk keluar dari honai, rumah tradisional Papua, karena takut api menjalar ke honainya.

"Rumah yang dibakar KKB itu milik Ronald Sujardi, Atik Ratnawati, Yakop, dan Yusup Bangun," jelas Kapolda Papua.

Lebih lanjut, Fakhiri menambahkan, Polda Papua akan melakukan penegakan hukum akibat makin maraknya gangguan keamanan yang dilakukan KKB Papua.

"Memang benar penegakan hukum akan diberlakukan terhadap kelompok yang selama ini menganggu keamanan hingga meresahkan masyarakat," ujar Mathius.

Dia mengatakan, sebelum melakukan penegakan hukum, pihaknya bersama pemda setempat akan meminta masyarakat yang bermukim di wilayah KKB Papua untuk sementara mengungsi ke ibu kota kabupaten.

Baca Juga: 2 Pimpinan KKB Papua Saling Tembak, Holem Uamang Dieksekusi Mati di Beoga, Dituding Jadi Pengkhianat Karena Hal Ini