Find Us On Social Media :

Rumah Masih Ngontrak, Kades Termiskin di Jember Malah Jadi Tersangka Korupsi, Warga Langsung Ngamuk Bukan Main

Warga demo terkait penangkapan seorang kades di Jember

Gridhot.ID - Geger kasus korupsi yang menimpa seorang kades di Jember.

Kasus ini menjadi sorotan karena pasalnya, sang Kades ternyata merupakan kades termiskin di Jember.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Mulanya penyidik Kejaksaan Negeri Jember, Jawa Timur menahan Kepala Desa Mundurejo Edi Santoso setelah menetapkannya sebagai tersangka.

"Tim jaksa penyidik menetapkan ES sebagai tersangka setelah memiliki cukup bukti dalam perkara rasuah pekerjaan pavingisasi Jalan Navi di Desa Mundurejo," kata Kepala Kejari Jember I Nyoman Sucitrawan, seperti dilansir dari Antara, Rabu (12/7/2023).

Menurutnya Edi memerintahkan perangkat desa membuat sejumlah laporan pertanggungjawaban fiktif dari penggunaan anggaran pekerjaan paving jalan.

Padahal, lanjut Sucitrawan, pekerjaan paving jalan tersebut dikerjakan dan dibiayai oleh mantan Kades Mundurejo secara pribadi tahun 2019.

Kemudian anggaran makan dan minum untuk pekerja berasal dari swadaya warga.

Kajari menjelaskan, tersangka Edi memuat anggaran yang tertuang dalam Peraturan Desa Mundurejo Nomor 7 Tahun 2021 tentang ABPDes Mundurejo.

Anggaran untuk Jalan Navi dicantumkan sebanyak Rp 275.743.210 dengan panjang jalan 300 meter dan lebar 3,2 meter.

"ES pun telah mencairkan anggaran itu dan digunakan membayar pajak pekerjaan paving jalan itu sebesar Rp 33.090.900 sehingga tersisa Rp 242.652.310. Kemudian sisa uang itu seolah diserahkan ke penjual paving berinisial G Rp 96.700.000," katanya.

Rugikan negara ratusan juta

Baca Juga: Duit Rp1 Miliar Masuk Kantong Pribadi, Mantan Kades di Banten Korupsi Dana Desa untuk Nikahi Istri Keempat dan Foya-foya, Begini Kasusnya