Gridhot.ID - Inilah kisi-kisi dan contoh soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk persiapan mengikuti tes CPNS 2023.
Diketahui, pendaftaran CPNS 2023 dibuka mulai Rabu (20/9/2023) malam dan akan berlangsung sampai 9 Oktober mendatang.
Setelah proses pendaftaran selesai, peserta yang lolos seleksi administrasi akan menghadapi seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS yang akan digelar pada 7-16 November 2023.
Merujuk Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Nomor 651 Tahun 2023, SKD CPNS 2023 meliputi tiga jenis tes, yakni:
- Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
- Tes Intelegensia Umum (TIU)
- Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Nah, untuk persiapan mengikuti tes CPNS, berikut adalah kisi-kisi dan contoh soal TKP, dikutip dari Kompas.com dan Tribunpriangan.com.
Kisi-kisi TKP CPNS
TKP adalah tes untuk menilai karakter keseharian peserta. Tes ini meliputi enam materi sebagai berikut:
- Pelayanan publik: Mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenangnya.
- Jejaring kerja: Mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi, dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.
- Sosial budaya: Mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk yang terdiri atas beragam agama, suku, dan budaya.
- Teknologi informasi dan komunikasi: Mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja.
- Profesionalisme: Mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan.
- Anti-radikalisme: Menjaring informasi dari individu tentang pengetahuan terhadap anti-radikalisme, kecenderungan bersikap, dan bertindak saat menanggapi stimulus dengan beberapa alternatif situasi.
Contoh soal TKP CPNS
1. Soal pelayanan publik
Sebagai seorang PNS, saya akan selalu...
a. Mendahulukan kepentingan masyarakat daripada kepentingan pribadib. Menolak pemberian hadiah dari masyarakatc. Menghargai pendapat masyarakat, meskipun berbeda dengan sayad. Mendengarkan keluhan masyarakat dengan sabar dan bijaksana