Find Us On Social Media :

119 Kotak Suara Pemilu Disabotase KKB Papua, Perangkat Distrik di Intan Jaya Trauma Ikut Jadi Korban, Begini Kronologinya

Tampak pembongkaran logistik Pemilu di Kabupaten Paniai, Papua Tengah oleh masyarakat akibat miskomunikasi.

Gridhot.ID - KKB Papua kembali berulah. Kelompok teroris itu diduga menyabotase proses pemilihan umum atau Pemilu 2024 dengan cara merampas kotak suara.

Melansir dari Kompas TV, Wakil Sementara Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan mengatakan KKB Papua merampas sebanyak 119 kotak suara Pemilu 2024.

Peristiwa perampasan ratusan kotak suara itu terjadi di lapangan terbang Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua pada Rabu (15/2/2024).

"Ada 119 kotak suara logistik Pemilu yang dirampas oleh KKB," kata Letkol Candra melalui keterangan resminya pada Senin (19/2/2024).

Sedangkan sisanya, kata dia, ada sebanyak 171 kotak suara belum terangkut dan masih berada di Kabupaten Nabire.

Letkol Candra menuturkan, aksi KKB Papua tidak hanya melakukan perampasan terhadap ratusan kotak suara saja, tetapi juga melakukan pemukulan terhadap perangkat Distrik Hitadipa berinisial ZU.

"Di tempat tersebut, juga terjadi aksi pemukulan oleh KKB terhadap Sdr. ZU di bagian kepala," ujar Letkol Candra.

Akibat perampasan logistik kotak suara dan pemukulan itu, Letkol Candra berujar bahwa ZU kini tidak berani kembali ke Distrik Hitadipa.

Korban ZU merasa takut peristiwa kekerasan terhadap dirinya oleh KKB Papua kembali terulang.

Lebih lanjut, Letkol Candra mengaku belum bisa memastikan motif KKB Papua melakukan perampasan dan pemukulan.

Baca Juga: Terkuak Nasib Pilot dan Penumpang Pesawat Wings Air yang Ditembaki KKB Papua, Lion Air Group Turun Tangan Lakukan Investigasi

Saat ini, upaya penyelidikan tengah dilakukan oleh aparat.

"Entah apa motivasi gerombolan KKB ini merampas atau menyabotase logistik Pemilu. Untuk pastinya saat ini masih di dalami oleh aparat keamanan," ujarnya.