Find Us On Social Media :

KKB Papua Tak Bakal Bisa Berkutik, TNI-Polri Kini Jaga Ketat 9 Bandara di Bumi Cenderawasih, Begini Penjelasan Kasatgas Humas Damai Cartenz

ilustrasi KKB Papua

GridHot.ID - Belakangan ini kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua terus berbuat ulah.

Seperti belum lama ini, KKB Papua menembaki pesawat Asian One Air di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak dan Wings Air di Bandara Nop Goliath Dekai Yahukimo.

Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 pun kini terus meningkatkan operasi pengamanan di wilayah-wilayah rawan di Tanah Papua.

Melansir tribun-papua.com, diberitakan sebelumnya, Satgas TNI menembak mati satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan menangkap dua orang di Wilayah Yahukimo, Papua Pegunungan, Kamis (22/2/2024).

Upaya hukum dilakukan TNI ini pasca anggota KKB melakukan penembakan terhadap pesawat Wings Air di Bandara Nop Goliath Dekai Yahukimo.

Upaya melumpuhkan anggota KKB ini pun akhirnya terjawab dengan dilakukan pengejaran dan peningkatan kewaspadaan.

"Upaya TNI telah berhasil menembak mati satu orang KKB dan menangkap dua orang lainnya," ungkap Pangkogabwilhan III, Letjen TNI Richard TH Tampubolon kepada Tribun-Papua.com.

Letjen TNI Richard menyebut, Satgas Marinir dipimpin Mayor Mar Harionon dan jajarannya melakukan pemantauan dan pengejaran terhadap KKB Papua pasca melakukan penembakkan terhadap pesawat Wings Air.

"Sekali lagi kami lumpuhkan satu orang dan dua orang ditangkap saat hendak melarikan diri," ujar Letjen TNI Richard.

Ia menyebut, KKB yang berjumlah 10 orang dengan satu pucuk senjata terlihat sedang lewat dan langsung terjadi kontak tembak. Mereka berhamburan lari dan menyelamatkan diri termasuk senjatanya.

"Kita akan terus lakukan pengejaran untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan khususnya keamanan saat operasional penerbangan di areal bandara," tambahnya.

Baca Juga: Terpantau Drone Bawa Senjata Api Laras Panjang, Begini Detik-detik Anggota KKB Papua Penembak Wings Air Berhasil Ditangkap, 1 Orang Tewas