Find Us On Social Media :

Terjerat Korupsi Timah Rp271 Triliun, Helena Lim Sempat Pamer Simpan Barang Bernilai Ratusan Miliar Ini di Rumah

Helena Lim tersangka kasus korupsi penambangan timah ilegal

Gridhot.ID - Helena Lim crazy rich PIK yang terkenal akan kehidupan glamornya telah menjadi tersangka dalam kasus korupsi Timah yang merugikan negara hingga Rp271 triliun.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Helena Lim ditetapkan sebagai tersangka ke-15 dalam kaus dugaan tindak pidana korupsi komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan PT Timah Tbk.

Diduga korupsi penambangan timah ilegal yang melibatkan Helena Lim tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2015 lalu.

Setelah menjadi tersangka, dirinya kini langsung ditahan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Agung selama 20 hari.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung), Ketut Sumedana mengatakan, Helena terlibat kasus ini saat menjabat sebagai manager PT QSE pada 2018-2019.

"Tersangka HLN diduga kuat telah membantu mengelola hasil tindak pidana kerja sama sewa-menyewa peralatan processing peleburan timah di wilayah IUP PT Timah Tbk," kata Ketut, diberitakan Kompas.com (26/3/2024).

Menurut Ketut, Helena berperan memberikan sarana dan fasilitas kepada para pemilik tambang ilegal untuk mengelola proses peleburan timah di wilayah IUP PT Timah Tbk.

Helena diduga memberikan fasilitas tersebut dengan dalih menerima atau menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

"Yang sejatinya menguntungkan diri tersangka sendiri dan para tersangka yang telah dilakukan penahanan sebelumnya," ujar Ketut.

Sebelum kasus ini menyeruak, Helena Lim terkenal sebagai sosok yang selalu memamerkan kekayaannya di hadapan publik.

Helena Lim bahkan memiliki rumah mewah luar biasa yang diisi dengan berbagai koleksi barang-barang bernilai tak masuk akal.

Baca Juga: Helena Lim Tiba-tiba Bisa Dapat Vaksin Covid-19 di Tahap Pertama, Wagub DKI Kebingungan Padahal Wilayahnya Tak Sewa Influencer Sama Sekali: Itu Selebgram Kan?