Gridhot.ID - Inilah contoh soal Situational Judgement Test (STJ) PPPK Guru 2023, lengkap dengan kunci jawaban.
Diketahui, seleksi PPPK Guru 2023 mengharuskan calon pelamar kategori P2 dan P3 untuk mengerjakan soal Situational Judgement Test (STJ).
Tahapan ini bertujuan untuk mengukur kompetensi teknis guru dalam bidangnya. SJT terdiri dari 100 soal pilihan ganda dengan waktu pengerjaan 120 menit.
STJ menggunakan model soal studi kasus, kisi-kisi yang akan keluar nantinya seputar pedagogi, profesional, sosial dan kepribadian.
Tentu hal ini cukup berbeda dari seleksi tahun lalu di mana PPPK Guru kategori khusus sebelumnya dites observsi saja.
Maka dari itu, dalam upaya mempersiapkan diri untuk mengerjakan soal STJ, penting untuk memahami bagaimana STJ diimplementasikan dan apa yang diuji olehnya.
Melansir dari Sonora.id, berikut contoh soal SJT PPPK Guru 2023 beserta kunci jawabannya untuk latihan.
1.Pada suatu pembelajaran tematik di kelas 4 SD, guru ingin mengajarkan materi tentang "Klasifikasi Makhluk Hidup". Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar-gambar hewan dan tumbuhan. Media pembelajaran tersebut bertujuan untuk...
a. Membantu siswa memahami konsep klasifikasi makhluk hidup
b. Meningkatkan motivasi belajar siswa
c. Memudahkan siswa menghafal nama-nama hewan dan tumbuhan
d. Menunjukkan keanekaragaman makhluk hidup
Kunci Jawaban : A
Penjelasan :
Media pembelajaran berupa gambar-gambar hewan dan tumbuhan dapat membantu siswa memahami konsep klasifikasi makhluk hidup. Gambar-gambar tersebut dapat menjadi representasi dari makhluk hidup yang dipelajari. Dengan demikian, siswa dapat lebih mudah memahami konsep klasifikasi makhluk hidup.
2. Seorang guru sedang memberikan penilaian hasil karya siswa berupa puisi. Penilaian yang dilakukan guru tersebut termasuk dalam penilaian...
a. Produktif
b. Afektif
c. Kognitif
d. Psikomotor
Kunci Jawaban : A
Penjelasan :
Penilaian hasil karya siswa berupa puisi termasuk dalam penilaian produktif. Penilaian produktif adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menghasilkan sesuatu. Dalam hal ini, siswa menghasilkan puisi.
3. Seorang guru sedang memberikan penguatan materi tentang "Persamaan dan Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan". Guru menggunakan metode diskusi kelompok. Metode diskusi kelompok tersebut bertujuan untuk...
a. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi
b. Meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran
c. Meningkatkan keterampilan siswa dalam berdiskusi
d. Meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah
Kunci Jawaban : A
Penjelasan :
Metode diskusi kelompok bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat saling bertukar pikiran dan pendapat. Dengan demikian, siswa dapat lebih memahami materi yang dipelajari.
4. Seorang guru sedang memberikan tugas kepada siswa untuk membuat peta pikiran tentang "Sistem Pencernaan Makanan". Tugas tersebut bertujuan untuk...
a. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi
b. Melatih keterampilan siswa dalam membuat peta pikiran
c. Melatih kreativitas siswa dalam belajar
d. Meningkatkan motivasi belajar siswa
Kunci Jawaban : A
Penjelasan :
Tugas membuat peta pikiran bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Peta pikiran dapat membantu siswa untuk memahami materi secara komprehensif.
5. Seorang guru sedang memberikan tes tertulis kepada siswa. Tes tertulis tersebut bertujuan untuk...
A. Mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi
B. Mengetahui kemampuan siswa dalam menghafal materi
C. Mengetahui kemampuan siswa dalam berpikir kritis
D. Mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah
Kunci Jawaban : A
Penjelasan :
Tes tertulis bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi. Tes tertulis dapat mengukur sejauh mana siswa memahami materi yang telah dipelajari.
6. Seorang guru sedang mengajar materi tentang "Perkembangan Teknologi". Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat video tentang perkembangan teknologi. Tugas tersebut bertujuan untuk...
a. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi
b. Melatih keterampilan siswa dalam membuat video
c. Melatih kreativitas siswa dalam belajar
d. Meningkatkan motivasi belajar siswa
Kunci Jawaban : B
Penjelasan :
Tugas membuat video bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dalam membuat video. Video dapat menjadi media untuk menyampaikan materi secara menarik dan interaktif.
7. Seorang guru sedang mengajar materi tentang "Persatuan dan Kesatuan Bangsa". Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat poster tentang pentingnya persatuan dan kesatuan. Tugas tersebut bertujuan untuk...
a. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi
b. Melatih keterampilan siswa dalam membuat poster
c. Melatih kreativitas siswa dalam belajar
d. Meningkatkan motivasi belajar siswa
Kunci Jawaban : C
Penjelasan :
Tugas membuat poster bertujuan untuk melatih kreativitas siswa dalam belajar. Poster dapat menjadi media untuk menyampaikan pesan secara efektif dan menarik.
8. Seorang guru sedang mengajar materi tentang "Sosiologi". Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan wawancara dengan orang tua mereka tentang bagaimana mereka menghadapi tantangan hidup. Tugas tersebut bertujuan untuk...
a. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi
b. Melatih keterampilan siswa dalam melakukan wawancara
c. Melatih kreativitas siswa dalam belajar
d. Meningkatkan motivasi belajar siswa
Kunci Jawaban : A
Penjelasan :
Tugas melakukan wawancara bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Melalui wawancara, siswa dapat memperoleh informasi langsung dari narasumber.
9. Seorang guru sedang mengajar materi tentang "Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan". Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat kartun tentang pentingnya toleransi beragama. Tugas tersebut bertujuan untuk...
a. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi
b. Melatih keterampilan siswa dalam membuat kartun
c. Melatih kreativitas siswa dalam belajar
d. Meningkatkan motivasi belajar siswa
Kunci Jawaban : C
Penjelasan :
Tugas membuat kartun bertujuan untuk melatih kreativitas siswa dalam belajar. Kartun dapat menjadi media untuk menyampaikan pesan secara efektif dan menarik.
10. Seorang guru sedang mengajar materi tentang "Bahasa Indonesia". Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis cerpen tentang pengalaman pribadi mereka. Tugas tersebut bertujuan untuk...
a. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi
b. Melatih keterampilan siswa dalam menulis cerpen
c. Melatih kreativitas siswa dalam belajar
d. Meningkatkan motivasi belajar siswa
Kunci Jawaban : B
Penjelasan :
Tugas menulis cerpen bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Cerpen dapat menjadi media untuk mengekspresikan diri secara kreatif.
Selain contoh soal, berikut ini adalah beberapa tips tambahan dalam menjawab soal SJT PPPK Guru 2023.
Perlu diingat, ini hanya soal latihan yang sangat mungkin berbeda dengan soal SJT PPPK Guru 2023 yang akan datang.
(*)
Source | : | Sonora.ID |
Penulis | : | Candra Mega Sari |
Editor | : | Candra Mega Sari |
Komentar