Find Us On Social Media :

Dikirim Secara Ilegal Hingga Wajib Lakoni Cuci Otak, 10 Pilot AURI Diam-diam ke Israel, Agar Tak Ketahuan Sampai Melipir ke Amerika Serikat

A-4 Skyhawk TNI AU

GridHot.ID -  Suatu waktu, Badan Intelijen Strategis (BAIS) pernah sukses melaksanakan tugas yang bersifat mission imposible.

Seperti misalnya ketika ABRI/TNI pada awal tahun 1980 melakukan pembelian jet-jet tempur A-4 Skyhawk dari Israel melalui misi sangat rahasia.

Pada 1980-an, pasca-perang Yom Kippur, Israel yang mendapat pasokan jet tempur A-4 Skyhawk dari AS dalam jumlah besar mengalami surplus dan bermaksud menjual ke negara-negara yang berminat dengan harga murah.

Indonesia ternyata termasuk yang berminat membeli.

Baca Juga: Nikahi Janda Tajir Usai Dipacarinya Beberapa Bulan, Penampilan Terbaru Aktor Ini Jadi Sorotan, Terlihat Semakin Stylish dan Keren

Namun sebuah kendala muncul, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Untuk mengatasinya, Indonesia kemudian minta tolong Singapura yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel untuk membantu pembelian sekaligus pengiriman sejumlah A-4 Skyhawk ke Indonesia.

Singapura ternyata mau menyanggupi.

Untuk mengirim jet-jet tempur dari Israel ke Indonesia, sebenarnya tidak begitu sulit karena bisa menggunakan kapal-kapal barang yang berlayar menuju Singapura sebelum kemudian meneruskan pelayaran menuju Indonesia.

Baca Juga: Jangan Termakan Mitos! Durian Tidak Berbahaya Bagi Ibu Hamil, Buah Ini Justru Menyimpan Segudang Manfaat untuk Perkembangan Syaraf Janin