Find Us On Social Media :

Lonjakan Tagihan Listrik Terus Dikeluhkan, PLN Buka Alasannya, Ternyata Ini yang Bikin Harga Gak Sesuai

(Ilustrasi) Meteran Listrik

Gridhot.ID - Sebagian masyarakat masih mengeluhkan melonjaknya tagihan listrik.

Padahal, pemakaian bisa dibilang biasa-biasa saja.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun memberi tanggapan.

Baca Juga: Pelanggan Keluhkan Tagihan Listrik yang Masih Melonjak Padahal Sudah Transisi New Normal, Manajemen PLN Pasang Badan Buka Suara: Masih PSBB Kan?

Terkait adanya sejumlah pelanggan yang mengalami lonjakan tagihan atau tagihan tidak sesuai dengan kwh meter. PT PLN (Persero) menyampaikan bahwa tidak ada kenaikan tarif dan tidak ada subsidi silang.

Executive Vice President Corporate communication & CSR PLN, Agung Murdifi menyampaikan, bahwa adanya kenaikan tagihan berkaitan dengan adanya penambahan dari sisa relaksasi pada bulan sebelumnya. Meski demikian PLN akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap kasus yang terjadi.

"Jika dilihat dari historis pemakaian pelanggan sebelumnya, kemungkinan besar, kenaikan karena sisa cicilan dari tagihan bulan lalu yang memang belum terbayarkan," terangnya, Jumat (3/7/2020). Seperti diketahui bahwa pada tagihan bulan juni kemarin, demi melindungi konsumen dari kenaikan tagihan listrik akibat adanya perubahan prilaku konsumsi listrik selama PSBB.

Baca Juga: PLN Kembali Buka Subsidi, Gratiskan langganan Listrik untuk Bulan Juli, Berikut Syaratnya

Agung bilang, PLN memberikan solusi melalui kebijakan relaksasi, skema ini menggunakan pola 40% dari selisih tagihan bulan sebelumnya saat menggunakan perhitungan rata-rata pemakaian 3 bulan. Kemudian 60% sisanya dibayarkan dengan cara dicicil pada tiga bulan selanjutnya yakni juli, Agustus dan September , masing-masing 20% dari selisih tagihan yang belum dibayarkan sebelumnya.