Find Us On Social Media :

Indonesia Masuk Masa Resesi, BKF Ungkap Pemerintah dan DPR Sebenarnya Sudah Siapkan Semua Rencana Sejak Februari 2020 untuk Sepanjang Tahun: Itu Tanda-tanda...

Berdampak Ngeri Bagi Masyarakat, Apa yang Harus Dilakukan untuk Menghadapi Resesi Ekonomi?

Gridhot.ID - Ekonomi Indonesia memang sedang krisis-krisisnya.

Bahkan disebut-sebut Indonesia sudah memasuki masa Resesi.

Namun nyatanya masa depan Indonesia justru dianggap sangat cerah.

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) memastikan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuh negatif di kisaran -2,9% sampai -1,0% yoy pada kuartal III-2020.

Bahkan BKF mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah melambat sejak kuartal I-2020 yang tumbuh di bawah 5% atau hanya 2,97% yoy.

Baca Juga: Makin Serakah Atau Sengaja Cari Musuh? Kini Giliran Pantai Amerika Selatan Memanas, 300 Kapal Tiongkok Tiba-tiba Terobos Perairan Peru dan Ekuador

Kepala BKF, Febrio Kacaribu menjelaskan, meskipun akan tumbuh negatif atau terkoreksi lagi di kuartal III, namun pertumbuhan itu dipastikan akan lebih membaik dari kuartal sebelumnya.

Sebab, pemerintah telah berupaya keras untuk mendorong konsumsi pemerintah yang telah naik tajam dalam mendorong percepatan realisasi belanja pemerintah.

BKF mengatakan, sejak bulan Februari 2020, pemerintah bahkan telah menyiapkan kebijakan-kebijakan terkait apa saja yang akan dilakukan sepanjang tahun 2020.

Adapun seiring berjalannya berbagai regulasi dan perundang-undangan agar pemerintah dapat melaksanakan berbagai bantuan maka pemerintah menekan defisit Indonesia hingga 6,34%.

“Komponen bangsa kita merespon krisis masalah yang sama dengan begitu cepat. DPR dan pemerintah kita saling bahu membahu hingga Perppu yang dikeluarkan juga cepat. Karena sejujurnya kalau tidak ada Perppu kita tidak bisa berbuat apa-apa,” jelas Febrio dalam konferensi pers secara daring, Jumat (25/9).

Baca Juga: China Diduga Panas-panasi Barbados untuk Merdeka, Ratu Elizabeth II Bakal Copot Jabatan Jika Rencana Tongkok Sukses Terlaksana, Investasi Jadi Strategi Licik Negeri Panda