Find Us On Social Media :

Sering Temani Soekarno Ritual di Hutan Belantara, Sosok Mbah Arjo Jadi Manusia Tertua yang Pernah Ada di Indonesia: Saya Ini Nggak Pernah Sakit, Flu Aja Nggak

Mbah Arjo dan rumah gubuknya

Gridhot.ID - Banyak orang di Indonesia terutama yang tinggal di pedesaan memiliki umur yang sangat panjang hingga 1 abad.

Kehidupan desa yang tenang dan asri memang seakan mendukung untuk manusia bisa hidup lebih sehat secara fisik maupun batin.

Ternyata di Indonesia sendiri pernah ada manusia tertua yang umurnya hampir menyentuh 200 tahun.

Mbah Arjo Suwito namanya.

Manusia tertua di Indonesia, asal Dusun Sukomulyo, Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, ini dahulu dilaporkan meninggal dunia, Selasa (21/5/2019) malam.

Sebelumnya ia sempat dirawat di RSUD Mardi Waluyo, Wlingi, karena badannya lemas.

Jasad kakek berusia 193 tahun itu, dimakamkan di TPU Sukomulyo, Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Rabu (22/5/2019) siang.

Tidak banyak orang di Indonesia yang usianya mencapai lebih dari 100 tahun. Satu satunya adalah mbah Arjo Suwito, kakek asal Dusun Sukomulyo, Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Kakek yang diklaim berusia 193 tahun ini meninggal Selasa (21/5/2019) malam setelah dirawat di RSUD Mardi Waluyo, Wlingi, sejak Jumat (17/5/2019) malam TribunJatim pernah menemui mbah Arjo saat masih hidup pada tahun 2018 lalu.

Meski tak ada bukti tertulis atau kesaksian orang lain, namun mbah Arjo mengklaim usianya sudah 200 tahun lebih. Namun, data di balai desanya, mbah Arjo tercatat kelahiran 1825.

Baca Juga: Terobosan Anyar Kemendagri, Luncurkan Mesin ADM untuk Cetak e-KTP Mandiri, Zudan Arif: Bisa Bekerja dalam Hitungan menit dan Untuk Hindari Praktik Calo

Saat itu, ia hidup bersama anaknya, Ginem (53), anaknya ke-18 dari istrinya yang keenam. Sejak tahun 1990-an, mereka tinggal di lereng Gunung Kelud atau tepatnya, di Gunung Gedang. Dari puncak Gunung Kelud itu, tempat tinggal mbah Arjo berjarak sekitar 10 kilometer.